Efektivitas penggunaan permainan monopoli sebagai media pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada materi hukum bacaan mim sukun terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Brebes tahun pelajaran 2017/2018

Munawaroh, Vivi Salisatul (2018) Efektivitas penggunaan permainan monopoli sebagai media pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada materi hukum bacaan mim sukun terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Brebes tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of PDF.pdf]
Preview
Text
PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemauan siswa dalam menerima materi pelajaran Qur’an Hadis sehingga berpengaruh terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa. Permasalahan ini dibuktikan dari hasil pra riset, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan untuk mata pelajaran Qur’an Hadis kelas VII di MTs Wahid Hasyim Brebes adalah 75, sedangkan hasil belajar siswa kelas VII rata-rata adalah 70. Oleh karena itu, kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan monopoli pada materi hukum bacaan mim sukun sebagai media pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Wahid Hasyim Brebes Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel kelas VII A yang terdiri dari 30 peserta didik dan kelas VII B yang terdiri dari 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 metode, yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control design. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 74,5 dengan standar deviasi (S) = 7,26 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 72,6 dengan standar deviasi (S) = 7,89. Sehingga analisis data awal diperoleh thitung= 0,987 dan ttabel= 2,002. Maka dapat diketahui bahwa hasil dari perhitungan terhadap nilai UTS kelas eksperimen dan kelask kontrol berada pada kondisi awal yang sama. Kemudian ketika kedua kelas diberi treatment yang berbeda, dimana kelas eksperimen menggunakan metode TGT sedangkan kelas konvensional menggunakan metode konvensional, diperoleh nilai rata-rata yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 83,2 dengan standar deviasi (S) = 6,94 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 76,3 dengan standar deviasi (S) = 8,99. Setelah dilakukan perhitungan uji t-test pada hasil posttest kedua kelas tersebut, didapatkan hasil thitung= 3,360 dan ttabel= 1,671. Hasil thitung > ttabel ,maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan monopoli sebagai media pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi hukum bacaan mim sukun efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Wahid Hasyim Brebes Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Permainan monopoli; Teams Games Tournament (TGT); Metode pembelajaran; Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 17 Dec 2018 06:39
Last Modified: 17 Dec 2018 06:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8818

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics