Pengaruh etika bisnis Islam dan religiusitas terhadap perilaku bisnis syariah pada pengurus HIPSI Kota Semarang

Hidayat, Farid (2018) Pengaruh etika bisnis Islam dan religiusitas terhadap perilaku bisnis syariah pada pengurus HIPSI Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_112411038_Farid Hidayat_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_112411038_Farid Hidayat_lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Islam sebagai agama yang dianut oleh anggota HIPSI (Himpunan Pengusaha Santri Indonesia) Kota Semarang, memiliki sumber hukum berupa Al Qur’an dan sunnah Rasul. Di dalam kedua sumber hukum tersebut terdapat aturan mengenai tata cara bisnis yang beretika. Sebagai seorang muslim, hendaknya dalam melakukan aktivitas bisnis perlu dilandasi oleh perilaku etis yang sesuai dengan ajaran Islam. Diantara faktor yang mempengaruhi perilaku etis seseorang adalah faktor ibadah, dimana ibadah menunjukkan seberapa jauh religiusitas seseorang. Bagaimana seseorang menginterpretasikan hukum Islam dalam berbisnis menunjukkan seberapa jauh pengetahuannya mengenai etika bisnis Islam. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara etika bisnis Islam dan religiusitas terhadap perilaku bisnis syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota HIPSI Kota Semarang, sedangkan sampel yang diambil yaitu anggota yang sudah mempunyai KTA (Kartu Tanda Anggota). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden, selanjutnya data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Untuk menguji hipotesis, digunakan uji parsial (t test) dan untuk mengetahui kontribusi variabel dependen terhadap variabel independen, digunakan uji koefisien determinasi (adjusted R2). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh variabel etika bisnis Islam (X1) terhadap variabel perilaku bisnis syariah (Y) adalah negatif. Kondisi ini menunjukkan bahwa ketika kesadaran etika bisnis tinggi justru akan menurukan perilaku bisnis syariah meskipun tidak signifikan. Sebagaimana dinotasikan dalam uji t variabel etika bisnis Islam (X1) nilai t_hitung sebesar sebesar 0,078 yang lebih kecil dari t_tabel (2,086) dengan nilai probabilitas signifikansi 0.939 (lebih besar dari 0,05). Sedangkan untuk pengaruh variabel religiusitas (X2) terhadap variabel perilaku bisnis syariah (Y) adalah positif. Kondisi ini menunjukkan bahwa ketika tingkat religiutasnya tinggi akan menaikan perilaku bisnis syariah. Sebagaimana dinotasikan dalam uji t variabel religiusitas (X2) nilai t_hitung sebesar 2.652 yang lebih besar dari t_tabel (2,086) dengan probabilitas signifikansi 0.358 (lebih besar dari 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Eetika bisnis Islam; Perilaku bisnis; Bisnis syariah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 26 Dec 2018 08:18
Last Modified: 21 Jul 2021 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8859

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics