Pengaruh pelayanan biro jasa Jam’iah Asasul Bilad Desa Morodemak Bonang Demak terhadap kepuasaan konsumen

Maulida, Ferlia Fajar (2018) Pengaruh pelayanan biro jasa Jam’iah Asasul Bilad Desa Morodemak Bonang Demak terhadap kepuasaan konsumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_112411039_Ferlia Fajar Maulida_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_112411039_Ferlia Fajar Maulida_lengkap)
09. SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya konsumen yang menggunakan biro jasa sekarang ini menimbulkan adanya persaingan-persaingan yang tidak sehat dan menghalalkan segala cara untuk menarik konsumen. Salah satunya persaingan biro jasa dalam pengurusan perpanjangan STNK, SIM, KTP, Akte dan sebagainya, semakin lebih cepat semakin tinggi juga harganya. Namun di biro jasa Jami’ah Asasul Bilad Desa Morodemak Bonang Demak menggunakan jalur resmi dalam pengurusan perpanjangan STNK, SIM, KTP, Akte dan sebagainya sehingga beberapa konsumen yang terbiasa mengurus perpanjangan STNK atau SIM di biro yang lain menganggap pengurusan di biro jasa Jami’ah Asasul Bilad Desa Morodemak Bonang Demak kurang cepat dan terkadang tidak buka setiap hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara pelayanan biro jasa terhadap kepuasan konsumen Jam’iah Basasul Bilad Desa Morodemak Bonang Demak? Populasi penelitian ini adalah sebanyak 135 konsumen jami’ah Asasul Bilad Desa Morodemak Bonang Demak. Dalam penelitian ini, penulis akan mengambil mengambil sampel sebesar 25% yaitu sejumlah 34 konsumen. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi, teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh antara pelayanan biro jasa terhadap kepuasan konsumen Jam’iah Asasul Bilad Desa Morodemak Bonang Demak. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan F test yang menunjukkan nilai 36.131 dengan tingkat probabilitas 0.000 lebih kecil dari signifikansi 5%, Hasil tersebut menunjukkan bahwa f hitung > f tabel. Dari hasil pengujian terbukti bahwa variabel pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen Jam’iah Asasul Bilad Desa Morodemak Bonang Demak (f hitung > f tabel 0.05) dan ditunjukkan P value 0,009 yang lebih kecil dari signifikansi 5%. variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 53%, sedang yang 47% sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Pemasaran; Kepuasan konsumen
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 26 Dec 2018 08:20
Last Modified: 21 Jul 2021 08:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8860

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics