Analisis kesesuaian produk dan pelayanan hotel berbasis syariah di Riez Palace Hotel Tegal

Mukhtari, Ayu (2018) Analisis kesesuaian produk dan pelayanan hotel berbasis syariah di Riez Palace Hotel Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_122411070_Ayu Mukhtari_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122411070_Ayu Mukhtari_lengkap)
FILE LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hotel syariah merupakan sebuah inovasi baru dalam dunia akomodasi dan penginapan. Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak bisnis yang berdasar dengan syariah diantaranya seperti lembaga keuangan, restaurant, hingga bisnis hotel. Namun dalam prakteknya masih ada beberapa usaha bisnis yang tidak menerapkan prinsip syariah itu sendiri termasuk pada bisnis perhotelan syariah, dimana yang menjadi ciri khas hotel syariah adalah adanya peraturan seleksi tamu dan penyediaan makanan serta minuman yang halal. Pada perhotelan, alat ukur yang digunakan sebagai acuan syariahnya sebuah hotel yakni Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Syariah dimana didalamnya mengatur tentang produk, pelayanan dan pengelolaan hotel syariah yang dimuat dalam UU No. 2 Tahun 2014 tentang Usaha Pendirian Hotel Syariah. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah, 1) Bagaimana kesesuaian antara produk yang ada di Riez Palace Hotel Tegal dengan Pedoman Penyelenggaraan Hotel Syariah?, 2) Bagaimana kesesuaian antara pelayanan yang ada di Riez Palace Hotel Tegal dengan Pedoman Penyelenggaraan Hotel Syariah?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan data-data yang penulis kumpulkan, tentang keseuaian hotel syariah. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Riez Palace Hotel Tegal masih belum memenuhi keseluruhan unsur produk pada kategori hotel syariah hilal-1, hal dikarenakan ada beberapa kekurangan diantaranya adalah tentang kebersihan yang belum sepenuhnya dapat diterapkan dengan baik pada produk toilet umum serta pada musholla pihak hotel tidak memiliki pembatas antara area wudhu laki-laki dan perempuan. 2) Pada aspek pelayanan Riez Palace Hotel belum memenuhi satu sub unsur yakni tidak memberikan informasi jadwal sholat kepada setiap tamu yang datang untuk melakukan check in, akan tetapi pihak hotel sudah menerapkan aturan seleksi tamu bagi tamu yang datang berpasangan. Namun penulis menyimpulkan jika penerapan prinsip syariah pada hotel ini hanya berdasarkan kepada pandangan syariah menurut pihak hotel saja, hal ini dikarenakan hotel ini dalam pengelolaan manajemennya masih bekerjasama dengan bank non syariah yakni Bank Central Asia (BCA) konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hotel syariah; Produk; Pelayanan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 647 Management of public households
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 27 Dec 2018 10:01
Last Modified: 23 Jul 2021 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8881

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics