Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan tahu baxo Ibu Pudji Ungaran dalam perspektif ekonomi Islam
Fajriyah, Lilis Wahidatul (2018) Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan tahu baxo Ibu Pudji Ungaran dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Dalam perspektif syariah, sektor perdagangan atau pemasaran merupakan suatu sektor pemenuhan kebutuhan hidup yang dibolehkan, asalkan dilakukan dengan cara yang benar yang jauh dari unsur kebatilan. Diawal mendirikan usaha TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran tahun 1995, Ibu Sri Lestari (ibu Pudji) berniat untuk menambah penghasilan keluarga karena merasa penghasilan suaminya sebagai PNS golongan II masih sangat minim dan belum bisa memenuhi kebutuhan hidup yang layak untuk keluarga dengan 2 (dua) orang anak. Pemasaran TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran bermula dengan dikelilingkan dari satu kantor ke kantor lain hingga sekarang memiliki nama besar produsen tahu bakso ternama dan memiliki sejumlah outlet yang selalu dicari pelanggan stia tahu bakso. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan tentang bagaimana Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran dalam Perspektif Ekonomi Islam. Peneliti menggunakan jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Field research yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini menghasilkan data tentang strategi pemasaran yang diartikan sebagai fakta atau informasi dari TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan proses jual beli, TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran menerapkan strategi pemasaran islami. Karakteristik pemasaran Islami yang diterapkan TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran adalah Ketuhanan, Etika (akhlak), dan manusiawi (Humanistis). Dalam melakukan pemasarannya TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran melakukan Segmenting dan targeting seperti yang dipraktikkan Nabi Muhammad SAW tatkala beliau berdagang ke negara Syam, Yaman, dan Bahrain. TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran juga melakukan Market Positioning (penetapan posisi pasar), dan Internal Development yaitu berkembang melalui usaha sendiri dengan melakukan penelitian dan pengembangan (research and development). TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran menawarkan produk yang terjamin kualitasnya. Proses distribusi TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran sesuai dengan peraturan yang telah disepakati bersama dan tidak ada pihak yang dirugikan. TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran tidak melakukan praktik yang disebut najasy (نجش/provokasi harga) yaitu pelaku bisnis menggunakan teknik promosi dengan memuji-muji barangnya setinggi langit dan tidak segan-segan mendiskreditkan produk saingan. Dalam menentukan harga TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran menggunakan Konsep persaingan yang sehat yang sudah ditekankan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu memberikan kebebasan pasar, dan menyerahkannya kepada hukum naluri yang kiranya dapat melaksanakan fungsinya selaras dengan penawaran dan permintaan atau harga yang diberikan sesuai dengan kualitas barang yang didapat oleh konsumen. Apa yang telah diutarakan di atas menunjukkan bahwa TAHUBAXO Ibu Pudji Ungaran telah menerapkan karakteristik pemasaran Islami.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; Ekonomi Islam; Penjualan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Fitria Nuraini |
Date Deposited: | 27 Dec 2018 10:24 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 07:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8894 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year