Strategi pemasaran bisnis Paytren melalui media sosial : studi kasus bisnis Paytren di Kabupaten Demak

Mujahidin, Saeful (2018) Strategi pemasaran bisnis Paytren melalui media sosial : studi kasus bisnis Paytren di Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_132411046_Saeful Mujahidin]
Preview
Text (Skripsi_132411046_Saeful Mujahidin)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran bisnis PayTren melalui media sosial di kabupaten Demak. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa banyak aplikasi sejenis PayTren yang dapat digunakan secara gratis. Sedangkan menggunakan aplikasi PayTren harus membayar sebesar Rp. 350.000. Akan tetapi, yang menggunakan aplikasi PayTren lebih banyak dibandingkan yang lainnya. Oleh karenanya penulis tertarik untuk meneliti strategi pemasaran bisnis PayTren. Dan dipilihnya mitra bisnis PayTren di Kabupaten Demak, karena Demak mitra bisnis PayTren terus bertambah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan jenis sumber data skunder yang didapat dengan menggunakan dokumen dan sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi terhadap mitra bisnis PayTren di Kabupaten Demak. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian menyatakan: 1) mitra bisnis PayTren menggunakan media sosial untuk memasarkan lisensi aplikasi PayTren. Media yang digunakan mitra bisnis PayTren yaitu facebook, instagram dan whattsap. Mitra bisnis PayTren memaksimalkan media sosial dengan sering meng-upload bisnis PayTren, menambah pertemanan dengan orang yang berpotensi sebagai calon mitra, dan mem- broadcast teman yang ada di media sosialnya. 2) mitra bisnis PayTren di Kabupaten Demak dalam memasarkan lisensi aplikasi PayTren menggunakan prinsip-prinsip pemasaran islami, yaitu ikhtiar, manfaat, amanah, nasihat, keadilan, transparan, kejujuran, dan ikhlas. Yang kedua, mitra bisnis PayTren di Kabupaten Demak menggunakan karakteristik pemasaran syariah, yaitu teitis, etis, realistis, dan humanistis. Yang ketiga mitra bisnis PayTren mencontoh pemasaran Nabi Muhammad dalam segmentasi, targeting, dan positioning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Media sosial; Bisnis syariah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 27 Dec 2018 10:25
Last Modified: 16 Jul 2021 09:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8895

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics