Efektivitas strategi digital marketing pada penghimpunan dana zakat, infaq, dan shodaqoh / ZIS dengan pendekatan direct rating method /DRM : Studi Kasus NU CARE-LAZISNU Jakarta Pusat
Nafiah, Dzurriyatun (2018) Efektivitas strategi digital marketing pada penghimpunan dana zakat, infaq, dan shodaqoh / ZIS dengan pendekatan direct rating method /DRM : Studi Kasus NU CARE-LAZISNU Jakarta Pusat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Zakat merupakan salah satu instrumen dalam memberdayakan perekonomian masyarakat. Di Indonesia, zakat mempunyai potensi yang sangat besar. Namun, potensi tersebut belum dapat dioptimalkan secara maksimal. Di era millenial sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Internet sudah berkembang sampai ke pelosok negeri. Dengan hadirnya kemudahan informasi melalui internet, lembaga zakat harus mampu mengambil peluang dalam pengoptimalisasian zakat di era digital. NU CARE-LAZISNU merupakan salah satu lembaga filantropi yang menggunakan strategi digital marketing dalam menghimpun dana zakat, infaq dan shodaqoh. Pada tahun 2016, digital marketing mulai dioptimalkan. Namun, pada tahun 2017 target penghimpunan dana ZIS baru tercapai 47,2%. Oleh karena itu, perlu ada pengukuran seberapa besar efektivitas strategi digital marketing dalam penghimpunan dana ZIS di NU CARE-LAZISNU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas strategi digital marketing pada penghimpunan dana ZIS NU CARE-LAZISNU dengan pendekatan direct rating method (DRM). Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi akademisi, lembaga maupun penulis. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan direct rating method (DRM). Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 100 responden yakni followers akun media sosial berupa facebook, twitter dan instagram. Data diambil dengan cara menyebarkan angket berupa kuesioner online.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi digital marketing melalui facebook, twitter dan instagram dengan pendekatan DRM dikategorikan efektif. Dapat dilihat dari rentang skala bobot yang diperoleh dengan hasil: attention 3,18; read throughness 3,06; cognitive 2,97; affective 3,09; dan behavior 3,22. Nilai total skor DRM sebesar 62,09 masuk dalam kategori iklan baik berdasarkan pada tabel direct rating.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital marketing; Direct rating; Pemasaran; Manajemen zakat |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.) 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Fitria Nuraini |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 03:59 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 03:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8947 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year