Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung pada produk tabungan ummat di BPRS Asad Alif Sukorejo

Magfiroh, Wika (2018) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung pada produk tabungan ummat di BPRS Asad Alif Sukorejo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS AKHIR LENGKAP.pdf]
Preview
Text
TUGAS AKHIR LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Salah satu lembaga yang menggunakan sistem syariah adalah BPRS Asad Alif Sukorejo. Sistem yang digunakan oleh BPRS Asad Alif Sukorejo adalah sistem syariah, dengan mempunyai berbagai produk penghimpunan dana dan penyaluran dana yang setiap produknya tersebut mempunyai akad masing-masing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya produk penghimpunan dana yang paling unggul di BPRS Asad Alif Sukorejo yang sangat diminati oleh nasabah yaitu produk tabungan umat yang menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti produk tersebut. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana prosedur pembukaan rekening tabungan umat di BPRS Asad Alif Sukorejo, kedua, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung pada produk tabungan umat di BPRS Asad Alif Sukorejo. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di BPRS Asad Alif Sukorejo dengan pendekatan kualitatif sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber datasekunder yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai objek penelitian tersebut. Dan hasil penelitian ini adalah prosedur pembukaan rekening pada tabungan umat sama seperti halnya BPRS-BPRS lainnya dengan melengkapi persyaratan dan ketentuan yang berlaku, tetapi di BPRS Asad Alif Sukorejo memiliki keistimewaan tersendiri yaitu pembukaan rekening yang sangat mudah dan relatif murah serta dalam penarikan tunai nasabah tidak dikenai biaya administrasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung pada produk tabungan umat di BPRS Asad Alif Sukorejo. Adapun faktor-faktor tersebut diantaranya adalah : faktor kemudahan, faktor promosi, faktor pelayanan, faktor kepercayaan, faktor kualitas produk. BPRS Asad Alif Sukorejo perlu menjaga atau mempertahankan keloyalan para nasabahnya yang nantinya akan berdampak positif terhadap kemajuan BPRS Asad Alif Sukorejo, karena semakin banyak nasabahnya maka semakin kokoh kedudukan lembaga tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen; Tabungan; Strategi pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 11 Feb 2019 05:04
Last Modified: 05 Jun 2021 07:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9016

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics