Pengaruh Produk Pembiayaan Musyarakah terhadap Minat Anggota Bertransaksi di BMT Fastabiq Cabang Winong
Widyastuti, Heny (2013) Pengaruh Produk Pembiayaan Musyarakah terhadap Minat Anggota Bertransaksi di BMT Fastabiq Cabang Winong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
082411099_coverdll.pdf - Supplemental Material
Download (444kB) | Preview
082411099_bab1.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
082411099_bab2.pdf - Accepted Version
Download (113kB) | Preview
082411099_bab3.pdf - Accepted Version
Download (49kB) | Preview
082411099_bab4.pdf - Accepted Version
Download (243kB) | Preview
082411099_bab5.pdf - Accepted Version
Download (7kB) | Preview
082411099_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Bertambahnya jumlah anggota pada BMT Fastabiq cabang Winong menunjukkan bahwa minat anggota maupun calon anggota terhadap BMT ini juga semakin meningkat.Sebagian besar anggota dari BMT Fastabiq adalah anggota pembiayaan musyarakah.Oleh karena itu apakah produk pembiayaan musyarakah berpengaruh terhadap minat anggota bertransaksi di BMT Fastabiq cabang Pati dan berapa besar pengaruhnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk pembiayaan musyarakah terhadap minat anggota bertransaksi di BMT Fastabiq cabang Winong.Apakah pembiayaan musyarakah berpengaruh positif terhadap minat anggota atau sebaliknya.Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh dari pembiayaan musyarakah terhadap minat anggota.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 69, karena batas minimal sampel adalah 30.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada anggota di BMT Fastabiq cabang Winong serta dari hasil wawancara dengan pihak BMT.Metode analisisnya menggunakan regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, analisis deskriptif variabel penelitian dan uji hipotesa (uji t), sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 18 for Windows.
Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh regresi linier sederhana Y = 19,240 + 0,335X dan besar pengaruh langsung produk pembiayaan musyarakah terhadap minat anggota BMT Fastabiq cabang Winong adalah 0,335. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa p value (Sig) sebesar 0.003 yang di bawah alpha 5% yang berarti produk pembiayaan musyarakah berpengaruh positif terhadap minat anggota bertransaksi di BMT Fastabiq cabang Winong. Berdasarkan koefisien determinasi, dapat diketahui bahwa variabel independen dalam hal ini produk pembiayaan musyarakah dapat menjelaskan variabel dependen yaitu minat anggota bertransaksi pada BMT Fastabiq cabang Winong sebesar 33,5%, sedangkan yang 66,5% dijelaskan oleh variabel lain yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiayaan Musyarakah; Baitul Mal Wat Tamwil; Minat Nasabah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Mohammad Kharisun |
Date Deposited: | 13 Dec 2013 04:14 |
Last Modified: | 13 Dec 2013 04:14 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/903 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year