Strategi pemasaran dengan menggunakan word of mouth marketing pada produk simpanan SI BAGUS dalam meningkatkan jumlah anggota di Koperasi Simpan Pinjam Giri Muria Group Kudus

Putri, Yuni Rahma (2018) Strategi pemasaran dengan menggunakan word of mouth marketing pada produk simpanan SI BAGUS dalam meningkatkan jumlah anggota di Koperasi Simpan Pinjam Giri Muria Group Kudus. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA LENGKAP.pdf]
Preview
Text
TA LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sampai saat ini KSP Giri Muria Group Kudus telah berhasil menciptakan beberapa produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabahnya. Adapun beberapa produk KSP Giri Muria Group diantaranya Tabungan (Si Bagus). Oleh karena itu penulis memilih produk Tabungan (Si Bagus). Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan menjadi beberapa rumusan masalah. Strategi pemasaran dengan menggunakan word of mouth marketing pada produk tabungan (Si Bagus) dalam meningkatkan jumlah anggota di KSP Giri Muria Group Kudus. Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat kualitatif yang menggunakan data primer maupun data sekunder. Data primer yang diperoleh secara langsung dari lapangan melalui wawancara dengan pihak–pihak yang bersangkutan.Adapun data sekunder diperoleh dari referensi buku, majalah, jurnal maupun brosur-brosur yang terkait dengan strategi pemasaran Word of mouth marketing.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang digunakan KSP Giri Muria Group Kudus adalah (1) dengan menggunakan 4P yaitu strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi, (2) KSP Giri Muria Group Kudus menerapkan strategi Word of Mouth Kudus periklanan, penjualan perorangan (personal selling), dan promosi penjualan, hubungan masyarakat (Public relation), pemasaran langsung (direct marketing), Pemasaran dari mulut kemulut (word of mouth marketing). Akan tetapi yang memiliki peranan penting dalam pemasaran produk Tabungan (Si Bagus) adalah strategi promosi yang dilakukan para marketing dalam memperkanalkan produk.
Bahwa Tabungan (Si Bagus) ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi Word of mouth marketing sangat berpengaruh terhadap perkembangan jumlah anggota KSP Giri Muria Group Kudus dari tahun ke tahun mengalami peningkatan cukup signifikan. Strategi Word of mouth marketing lebih mudah diterima masyarakat ketika dalam pemasarannya menggunakan word of mouth marketing (pemasaran dari mulut ke mulut) karena kebanyakan masyarakat indonesia terkenal ramah dan senang berinteraksi ataupun berbagi informasi kepada orang lain, hal ini membuat word of mouth marketing (pemasaran dari mulut ke mulut) menjadi berpengaruh dalam meningkatkan jumlah anggota di KSP Giri Muria Group Kudus. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi Word of Mouth antara lain: Handle Complain Marketing, kurangnya perhatian masyarakat, perhatian masyarakat, kurangnya SDM , cuaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Word of Mouth; Koperasi simpan pinjam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 15 Feb 2019 09:03
Last Modified: 05 Jun 2021 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9042

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics