Strategi pemasaran dan promosi produk Simpel iB di PT. BPRS Saka Dana Mulia Kudus

Isfahani, Efi (2018) Strategi pemasaran dan promosi produk Simpel iB di PT. BPRS Saka Dana Mulia Kudus. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA LENGKAP.pdf]
Preview
Text
TA LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemasaran dan Promosi sangatlah dibutuhan dalam perbankan, karena pemasaran danpromosi sangat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan juga kemajuan bank tersebut. PT. BPRS Saka Dana Mulia kudus merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang menjalankan fungsinya sebagai lembaga intermediasi, yaitu sebagai lembaga yang menjembatani antara pihak yang devisit dana dengan pihak yang berlebihan dana dengan cara melakukan funding dan landing. Yang membedakan dengan Bank Konvensional adalah dalam cara menghimpun dana dari masyarakat harus sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Akan tetapi banyak lembaga keuangan yang mengatasnamakan syar’i sedangkan prinsip syari’ah tidak di terapkan di dalamnya. Seperti akad wadi’ah dimana akad wadi’ah merupakan titipan dari pihak ketiga yang harus di jaga dan dikembalikan ketika diminta kembali tanpa memberatannya, dalam arti misalnya terdapat pembebanan biaya administrasi tabungan tiap bulannya yang harus memotong dana yang dititipkan oleh pihak ketiga. PT.BPRS Saka Dana Mulia Kudus mempunyai berbagai macam produk baik penghimpun dana maupun penyaluran dana. Salah satunya yaitu produk Simpel iB (Simpanan Pelajar) yang merupakan produk yang dibuat oleh aturan pemerintah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi pemasaran dan promosi pada produk PT.BPRS Saka Dana Mulia Kudus ini. Data-data yang diperoleh dengan obserasi, wawancara dan juga dokumentasi. Serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran danpromosi pada produk simpel iB ialah dengan menentukan (1). Produc (produk) apa yang di pasarkan oleh PT. BPRS Saka Dana Mulia Kudus (2) price (Harga). (3) Place (tempat) pemasaran dan promosi produk. (4) promotion (Promosi). Selain itu ada strategi pendukung seperti (a) jemput bola.(b) door to door. (c) dan juga melakukan bauran promosi meliputi periklanan (advertising). (d) personal selling. (e) dan juga direct marketing. Serta penampilan pegawai yang rapi, bersih, sehingga nasabah memberikan nilai plus tersendiri. Adapun persiapan yang dilakukan marketing dalam memasarkan dan mempromosikan produk simpanan pelajar (Simpel) iB yaitu performa, alat kerja, data pendukung,planning, dan juga komunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Tabungan; Simpanan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:37
Last Modified: 05 Jun 2021 06:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9055

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics