Strategi pemasaran BMT Al Hikmah dalam meningkatkan hasil usaha

Sari, Susi Wulan Purnama (2018) Strategi pemasaran BMT Al Hikmah dalam meningkatkan hasil usaha. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 9. tugas akhir lengkap.pdf]
Preview
Text
9. tugas akhir lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran merupakan suatu lembaga keungan non bank yang berbentuk koperasi syariah dalam melakukan kegiatannya meliputi penghimpunan dana dari masyarakat dan penyaluran dana antara pihak BMT dengan anggota KSPPS BMT Al-Hikmah memiliki produk penyaluran dana antara lain produk sirela, simpel, sihaji atau umroh, sisuqur, sisuka, dan siwadiah. Sedangkan produk penghimpunan dana antara lain multi barang, multi jasa, dan mitra usaha. Adapun jasa layanan ainnya yang dimiliki oleh KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran antara lain sebagai tempat untuk penyaluran zakat, infaq, shodaqoh. Dalam melakukan kegiatannya tersebut diperlukan strategi pemasaran yang tepat guna memasarkan semua produk kepada masyarakat, dimana strategi pemasaran ini sangat dibutuhkan dalam setiap lembaga untuk meningkatkan jumlah nasabah dan hasil usahanya, agar dapat terus mengembangkan tujuan BMT.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang ada pada KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran ini, dalam mengingkatkan hasil usaha pada BMT ini untuk terus menjaga kelangsungan hidup bagi BMT Al-Hikmah Ungaran. Data-data yang diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan BMT Al-Hikmah Ungaran dalam meningkatkan hasil usahanya ialah dengan menggunakan bauran pemasaran 4P (1)Produk, strategi ini menjadikan semua produknya unggul dikalangan nasabah. (2)Price. Nisbah atau margin yang didapatkan juga sangat adil baik untuk BMT maupun nasabahnya. (3)Place, kantor BMT Al-Hikmah Ungaran ini juga sangat mendukung untuk mendapatkan anggota nasabah yang baru. (4)Promotion. Yang dilakukan untuk mempromosikan BMT dengan cara brosur-brosur serta kalender atau poster-poster yang disebaer di desa atau jalanan. Begitu pula dengann Segmentasi dan target pasar yang dilakukan sudah sangat baik. Dan akan lebih baik lagi jika segmentasi geografisnya ditambah lagi. Bukan hanya di wilayah ungaran , akan tetapi diwilayah Jawa Tengah juga. Strategi positioning sudah baik dengan memberikan arahan pada calon anggota bahwa produk dan pelayanan sesuai dengan prosedur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Hasil usaha; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:10
Last Modified: 05 Jun 2021 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9061

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics