Strategi pemasaran pembiayaan multi barang dengan menggunakan akad murabahah pada KSPPS BMT Al Hikmah Kantor Cabang Babadan

Putri, Galuh Anjani (2018) Strategi pemasaran pembiayaan multi barang dengan menggunakan akad murabahah pada KSPPS BMT Al Hikmah Kantor Cabang Babadan. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of dkripsi lengkap.pdf]
Preview
Text
dkripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan multi barang yang menggunakan akad murabahah merupakan produk penyaluran dana yang dimiliki oleh KSPPS BMT Al Hikmah Kantor Cabang Babadan. Dalam proses memasarkan pembiayaan multi barang BMT harus menyusun strategi-strategi pemasaran yang efektif dan matang agar berjalan lancar sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk penghimpunan dana maupun penyaluran dana yang dimiliki oleh BMT.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan multi barang pada KSPPS BMT Al Hikmah Kantor Cabang Babadan, lalu hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam memasarkan produk pembiayaan multi barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Untuk melengkapi data dalam penyusunan tugas akhir ini penulis menggunakan langkah pengumpulan data dengan metode obeservasi, wawancara dan dokumentasi serta studi kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian ini.
Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa strategi pemasaran yang digunakan memasarkan produk pembiayaan multi barang menggunakan unsur bauran pemasaran/marketing mix yaitu berupa Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi). Dalam kegiatan promosi untuk memasarkan produk pembiayaan multi barang yang digunakan pada KSPPS BMT Al Hikmah yaitu, door to door (jemput bola), sosialisasi produk dilingkungan masyarakat, iklan yang terdiri dari brosur dan spanduk. Lalu hambatan-hambatan yang mempengaruhi dalam memasarkan produk pembiayaan multi barang terdiri dari mayoritas masyarakat belum paham tentang lembaga keuangan syariah, rendahnya mutu pendidikan sumber daya manusia dalam bidang keuangan syariah, persaingan antar BMT yang semakin ketat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Akad murabahah; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 23 Feb 2019 02:20
Last Modified: 05 Jun 2021 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9065

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics