Pengembangan media audio visual materi zat aditif berorientasi kearifan lokal dan kehalalan produk bagi peserta didik kelas XI Jurusan Tata Boga SMKN 6 Semarang
Nisak, Lina Fahru (2018) Pengembangan media audio visual materi zat aditif berorientasi kearifan lokal dan kehalalan produk bagi peserta didik kelas XI Jurusan Tata Boga SMKN 6 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
133711045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (14MB) | Preview
Abstract
Visi misi SMK N 6 Semarang merupakan patokan guru ketika merencanakan sebuah pembelajaran. Materi zat aditif merupakan materi yang penting bagi peserta didik jurusan tata boga sehingga perlu diberi informasi mengenai kearifan lokal dan kehalalan produk zat aditif demi ketercapaian visi misi sekolah. Pembelajaran yang berlangsung belum sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Sebanyak 83% peserta didik memiliki gaya belajar audio. Memori seseorang akan lebih mengena jika melihat gambar, sehingga perlu adanya paduan antara audio dengan gambar. Penelitian ini memiliki rumusan masalah (1) Bagaimana struktur media pembelajaran IPA Terapan yang berorientasi kearifan lokal dan kehalalan produk pada materi zat aditif. (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran IPA Terapan berorientasi kearifan lokal dan kehalalan produk pada materi zat aditif.
Penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) ini menggunakan model Thiagarajan (4D) yang dimodifikasi menjadi 3D meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penelitian menghasilkan sebuah media audio visual materi zat aditif berorientasi kearifan lokal dan kehalalan produk. Media ini terdiri dari 4 video yakni 1) materi pemanis dan pewarna, 2) materi antioksidan dan pengawet, 3) ketiga materi penyedap dan perisa, 4) materi pengemulsi. Media ini dikatakan layak atau tidak, didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi, tanggapan peserta didik terhadap media yang diperkuat dengan peningkatan hasil kognitif peserta didik. Persentase hasil penilaian ahli media adalah 75% kategori baik. Persentase hasil penilaian ahli materi adalah 71% kategori baik. Persentase tanggapan peserta didik adalah 80,5% kategori baik. Hal ini didukung dengan nilai N-gain senilai 0,61 kategori sedang. Beberapa penilaian tersebut menunjukkan bahwa media ini dikatakan layak dan mampu meningkatkan kognitif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Audio visual; Zat aditif; Kearifan lokal; Produk halal; Pembelajaran kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 04:28 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 04:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9311 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year