Pengembangan modul praktikum berbasis pendekatan Problem Based Instruction (PBI) pokok bahasan fotosintesis untuk SMP semester ganjil di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal
Islami, Etika Bella (2018) Pengembangan modul praktikum berbasis pendekatan Problem Based Instruction (PBI) pokok bahasan fotosintesis untuk SMP semester ganjil di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
113811025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasarkan dengan belum terlaksananya praktikum di sekolah MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal khususnya pada materi fotosintesis menjadi salah satu alasan perlu dilakukannya pengembangan sebuah bahan ajar yang menunjang kegiatan praktikum. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan modul praktikum biologi dan untuk mengetahui penilaian siswa terhadap modul praktikum biologi berbasis Problem Based Instruction. Metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Data penelitian diperoleh dari angket atau kuesioner, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Pengembangan modul praktikum yang dikembangkan sebagai bahan ajar IPA di MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal menggunakan metode4-D Thiagarajan yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap uji coba (disseminate). Tahap pengembangan modul praktikum dalam penelitian ini melalui beberapa uji kelayakan, yaitu dengan uji ahli materi dan uji ahli media. Hasil dari uji materi mencapai 72,0% dikategorikan layak. Sedangkan uji ahli media mencapai 68,0% dikategorikan layak. Kemudian persentase hasil tanggapan guru biologi mencapai 100%, dikategorikan sangat baik dan modul praktikum layak digunakan. Setelah adanya validasi oleh ahli materi dan ahli media serta tanggapan dari guru mata pelajaran biologi dilakukan uji coba terbatas kepada 23 siswa .Hasil uji coba terbatas diperoleh kriteria kelayakan modul praktikum adalah 80,0% Sehingga dapat dikategorikan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul praktikum; Fotosintesis; Problem Based Instruction; Pembelajaran biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 05:58 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 05:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9314 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year