Hubungan konsep diri terhadap perilaku kepedulian lingkungan sekolah pada siswa kelas VII SMP N 16 Semarang
Hani, Umi (2018) Hubungan konsep diri terhadap perilaku kepedulian lingkungan sekolah pada siswa kelas VII SMP N 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
123811067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang hubungan antara Konsep diri (sebagai variabel X) dengan perilaku kepedulian lingkungan (sebagai variabel Y) pada siswa kelas VII di SMP N 16 Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku siswa saat selesai jam sekolah yang membeli makanan dan membuang sampah tersebut di pinggir jalan sehingga memungkinkan para siswa memiliki konsep diri yang negatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini ada 3, yaitu 1) untuk mengetahui tingkat konsep diri pada siswa kelas VII di SMP N 16 Semarang, 2) untuk mengetahui perilaku kepedulian lingkungan di sekitar sekolah pada pada siswa kelas VII SMP N 16 Semarang, 3) untuk mengetahui hubungan konsep diri terhadap perilaku kepedulian lingkungan di sekitar sekolah pada kelas VII SMP N 16 Semarang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) konsep diri pada siswa kelas VII di SMP N 16 Semarang termasuk dalam kategori sedang yaitu pada interval nilai 76 - 83 dengan nilai rata-rata 80,60, 2) perilaku kepedulian lingkungandi sekitar sekolah pada siswa kelas VII di SMP N 16 Semarang dalam kategori sedang yaitu berada pada interval nilai 80 – 86 dengan nilai rata-rata 84,80, 3) Terdapat hubungan signifikan antara konsep diri terhadap perilaku kepedulian lingkungan di sekitar sekolah pada siswa kelas VII di SMP N 16 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan dengan menggunakan korelasi product moment yang menghasilkan rhitung = 0,399, kemudian dikonsultasikan dengan harga rtabel pada taraf signifikansi 5% yaitu rhitung =0,399 > rtabel = 0,329. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara konsep diri (X) dan perilaku kepedulian lingkungan (Y). Pengujian signifikansi dengan menggunakan thitung diperoleh thitung = 2,754 dan ttabel = 2,0242, sehingga harga thitung = 2,754 > ttabel = 2,0242 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X (Konsep Diri) dengan variabel Y (Perilaku Kepedulian Lingkungan) dengan nilai kontribusi sebesar 15,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri; Perilaku; Kepedulian lingkungan; Sekolah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 06:28 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 05:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9316 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year