Pengembangan ensiklopedia peralatan laboratorium biologi sebagai sumber belajar mahasiswa pada mata kuliah teknik laboratorium di UIN Walisongo Semarang
Astutik, Wahyu Widia (2018) Pengembangan ensiklopedia peralatan laboratorium biologi sebagai sumber belajar mahasiswa pada mata kuliah teknik laboratorium di UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
1403086008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Ketersediaan sumber belajar mata kuliah teknik laboratorium di perpustakaan UIN Walisongo Semarang yang minim dirasa belum mencukupi kebutuhan mahasiswa terhadap sumber belajar. Jumlah buku yang terdapat diperpustakaan bahkan belum mampu memberikan pengetahuan dasar pada mata kuliah teknik laboratorium. Akibat jumlah buku yang belum mencukupi jumlah kebutuhan mahasiswa dampak yang ditimbulkan adalah mahasiswa menggunakan sumber belajar yang kualitasnya kurang baik. Sumber belajar yang dibutuhkan pada mata kuliah ini adalah sumber belajar yang bahasanya jelas, aplikatif, dan disertai gambar. Kriteria tersebut mendorong peneliti untuk melakukan pennelitian yang menghasilkan produk. Ensiklopedia adalah sumber yang tepat untuk dikembangkan pada mata kuliah teknik laboratorium karena kriteria ensiklopedia yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk ensiklopedia yang membahas tentang alat-alat yang terdapat didalam laboratorium Biologi UIN Walisongo Semarang serta mengetahui kelayakan dari ensiklopedia tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development, mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation) Branch.
Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk ensiklopedia peralatan laboratorium yang digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa biologi pada mata kuliah teknik laboratorium Biologi UIN Walisongo Semarang. Produk Penilaian kualitas ensikopedia oleh ahli materi ensiklopedia ini mendapatkan penilaian dengan presentase 88%, penilaian ahli media dengan presentase sebesar 78%, penilaian dosen pengampu mata kuliah teknik laboratorium dengan presentase sebesar 70%, dan menurut tanggapan mahasiswa dengan presentase sebesar 88%. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia peralatan laboratorium yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa Biologi pada mata kuliah teknik laboratorium.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ensiklopedia peralatan laboratorium; Laboratorium biologi; Sumber belajar; Pembelajaran biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 09:18 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 09:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9323 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year