Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran menyenangkan secara islami berbasis learning community materi persamaan lingkaran kelas XI IPA MA NU Nurul Huda Semarang tahun ajaran 2011/2012

Wahid, Ibnu (2012) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran menyenangkan secara islami berbasis learning community materi persamaan lingkaran kelas XI IPA MA NU Nurul Huda Semarang tahun ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_083511007_Ibnu_Wahid]
Preview
Text (SKRIPSI_083511007_Ibnu_Wahid)
083511007_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083511007_Bab1.pdf]
Preview
Text
083511007_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 083511007_Bab3.pdf]
Preview
Text
083511007_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 083511007_Bab2.pdf]
Preview
Text
083511007_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 083511007_Bab4.pdf]
Preview
Text
083511007_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 083511007_Bab5.pdf]
Preview
Text
083511007_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 083511007_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083511007_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan format skenario pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran menyenangkan Secara Islami berbasis Learning Community pada materi persamaan lingkaran di Kelas XI IPA MA NU Nurul Huda Semarang; (2) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik pada materi persamaan lingkaran di kelas XI IPA MA NU Nurul Huda Semarang dengan pembelajaran menyenangkan Secara Islami berbasis Learning Community; (3) Untuk mengetahui tingkat hasil belajar peserta didik Kelas XI IPA MA NU Nurul Huda Semarang pada materi persamaan lingkaran dengan pembelajaran menyenangkan Secara Islami berbasis Learning Community.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, tes, dan metode angket. Indikator kinerja penelitian berupa tercapainya motivasi peserta didik dan ketuntasan belajar baik secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I tingkat motivasi peserta didik dengan kriteria motivasi rendah berjumlah 2 peserta didik dengan persentasi 6.25 %, kriteria motivasi sedang berjumlah 13 peserta didik dengan persentasi 40.625 %, kriteria motivasi baik berjumlah 17 peserta didik dengan persentasi 53.125 %, kriteria motivasi tinggi berjumlah 0 siswa dengan persentasi 0 %. Adapun peserta didik yang tuntas belajar atau yang mendapat nilai ≥ 65 sebanyak 27 peserta didik atau 84% sedangkan yang tidak tuntas belajar atau yang mendapat nilai < 65 sebanyak 5 peserta didik atau 16 %. Sedangkan nilai rata-rata kelas yang di capai sebesar 70.78125. secara garis besar pelaksanaan pembelajaran pada siklus I masih perlu diperbaiki agar terjadi peningkatan sesuai yang diharapkan oleh peneliti.
Sedangkan pada siklus II diperoleh bahwa tingkat motivasi peserta didik dengan Kriteria motivasi yakni rendah berjumlah 0 pserta didik dengan persentasi 0 %, Kriteria motivasi Sedang berjumlah 7 peserta didik dengan persentasi 21.875 %, Kriteria motivasi Baik berjumlah 25 peserta didik dengan persentasi 78.125 %, dan Kriteria motivasi Tinggi berjumlah 0 peserta didik dengan persentasi 0 %. Adapun peserta didik yang tuntas belajar atau yang mendapat nilai ≥ 65 sebanyak 32 peserta didik atau 100 % sedangkan yang tidak tuntas belajar atau yang mendapat nilai < 65 sebanyak 0 peserta didik atau 0 %. Sedangkan nilai rata-rata kelas yang di capai sebesar 75.46875. Hasil tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Islami; Strategi Pembelajaran; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 05:14
Last Modified: 05 Jun 2021 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics