Pengembangan instrumen penilaian kinerja praktikum kimia berbasis green chemistry untuk SMA/MA kelas XI materi titrasi asam basa dan larutan penyangga

Syarifah, Anis (2018) Pengembangan instrumen penilaian kinerja praktikum kimia berbasis green chemistry untuk SMA/MA kelas XI materi titrasi asam basa dan larutan penyangga. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry untuk MA/SMA Kelas XI Materi Titrasi Asam Basa dan Larutan Penyangga. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahap yaitu define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dissseminate (tahap penyebaran) yang pada tahap ini tidak dilakukan. Instrumen penilaian dikonsultasikan dan divalidasi oleh dosen ahli, kemudian dilakukan revisi dan diujicobakan pada kelas kecil. Subjek uji coba kelas kecil yaitu 9 siswa kelas XII IPA MA Uswatun Hasanah. Hasil validasi ahli didapatkan bahwa validitas instrumen yang dikembangkan diperoleh skor rata-rata 79,9% dengan kriteria baik. Penggunaan instrumen penilaian kinerja praktikum pada praktikum titrsi asam memperoleh reliabilitas antar penilai (r) sebesar 0,737 dan praktikum larutan penyangga sebesar 0,777. Reliabilitas dari dua praktikum tersebut sudah tinggi yaitu > 0,7. Hasil respon guru dan peer previewer sangat baik dengan rata-rata 85%. Respon siswa mencapai persentase rata-rata 86,38% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kinerja praktikum siswa layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian; Pembelajaran kimia; Green Chemistry; Praktikum kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Apr 2019 10:11
Last Modified: 30 Apr 2019 10:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9363

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics