Efektifitas penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) bermuatan multi level representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MA Al-Ma’ruf Mranggen
Mawadah, Nuri Fina (2018) Efektifitas penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) bermuatan multi level representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MA Al-Ma’ruf Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
Nuri Fina Mawadah___133711024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Hasil belajar mata pelajaran Kimia di MA Al-Ma’ruf yang rendah disebabkan karena sumber belajar yang masih menggunakan LKS dengan 2 level representasi, yakni level simbolik dan makroskopik. Konsep-konsep dalam Kimia banyak yang bersifat abstrak, terutama pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, sehingga dibutuhkan sumber belajar yang bermuatan level sub-mikroskopik dengan menampilkan mengenai struktur dan proses pada level partikel (atom/molekul), sehingga peserta didik mengetahui bagaimana proses dan struktur dari suatu zat yang mengalami reaksi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA Al-Ma’ruf sekaligus menjadi sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji t-test dengan uji hipotesis satu pihak. Hasil pretest penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 45,41 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 46,00. Hasil posttest penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 74,58 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 53,20. Berdasarkan analisis data akhir menunjukkan bahwa t = 8,28 dan ttabel = 1,678 ,t > ttabel maka signifikan. Hipotesis yang diajukan peneliti bahwa LKS bermuatan multi level representasi efektif terhadap hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Lembar Kerja Siswa (LKS); Hasil belajar; Pembeajaran kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 10:15 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 10:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9365 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year