Pengembangan modul kimia terintegrasi konteks kejuruan pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X jurusan teknik konstruksi gedung sanitasi dan perawatan (TKGSP) di SMK Negeri 7 Semarang
Putri, Ulfa Rahmawati (2018) Pengembangan modul kimia terintegrasi konteks kejuruan pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X jurusan teknik konstruksi gedung sanitasi dan perawatan (TKGSP) di SMK Negeri 7 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (10MB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi konteks kejuruan pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X jurusan Teknik Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (TKGSP). Penelitian itu di latar belakangi karena kurangnya sumber belajar kimia SMK khususnya bidang keahlian TKGSP, selain itu buku yang dimiliki sebagian siswa belum mengintegrasikan kimia dengan bidang keahlian. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode RnD dengan model 3D dengan tahapan define, design, dan develop. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKN7 Semarang bidang keahlian TKGSP. Karakteristik dari modul yang dikembangkan terlihat pada konten sejarah semen dan beton, ayo berfikir, wawasan baru, dan latihan soal. Semua bagian itu diintegrasikan dengan konteks kejuruan TKGSP. Hasil uji kualitas modul menunjukan bahwa modul kategori baik menurut ahli di bidang kimia bangunan (skor rerata 81,5) dan modul dikategorikan baik oleh ahli bidang desain media (skor rerata 26). Hasil respon angket tanggapan peserta didik dikategori baik (skor 77,44). Berdasarkan data hasil uji validasi dan tanggapan peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa modul kimia terintegrasi konteks kejuruan TKGSP layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran; Pembelajaran kimia; Senyawa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 10:21 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 10:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9369 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year