Pengembangan modul kimia terintegrasi konteks kejuruan pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X jurusan teknik konstruksi gedung sanitasi dan perawatan (TKGSP) di SMK Negeri 7 Semarang

Putri, Ulfa Rahmawati (2018) Pengembangan modul kimia terintegrasi konteks kejuruan pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X jurusan teknik konstruksi gedung sanitasi dan perawatan (TKGSP) di SMK Negeri 7 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi konteks kejuruan pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X jurusan Teknik Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (TKGSP). Penelitian itu di latar belakangi karena kurangnya sumber belajar kimia SMK khususnya bidang keahlian TKGSP, selain itu buku yang dimiliki sebagian siswa belum mengintegrasikan kimia dengan bidang keahlian. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode RnD dengan model 3D dengan tahapan define, design, dan develop. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKN7 Semarang bidang keahlian TKGSP. Karakteristik dari modul yang dikembangkan terlihat pada konten sejarah semen dan beton, ayo berfikir, wawasan baru, dan latihan soal. Semua bagian itu diintegrasikan dengan konteks kejuruan TKGSP. Hasil uji kualitas modul menunjukan bahwa modul kategori baik menurut ahli di bidang kimia bangunan (skor rerata 81,5) dan modul dikategorikan baik oleh ahli bidang desain media (skor rerata 26). Hasil respon angket tanggapan peserta didik dikategori baik (skor 77,44). Berdasarkan data hasil uji validasi dan tanggapan peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa modul kimia terintegrasi konteks kejuruan TKGSP layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pembelajaran kimia; Senyawa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Apr 2019 10:21
Last Modified: 30 Apr 2019 10:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9369

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics