Pengaruh intensitas bimbingan orang tua membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Fatahillah Semarang tahun ajaran 2017/2018

Ni’am, Fathun (2018) Pengaruh intensitas bimbingan orang tua membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Fatahillah Semarang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi Lengkap.pdf]
Preview
Text
Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh intensitas bimbingan orang tua membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Quran Siswa kelas VIII Mts Fatahillah Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Studi dalam penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan : Adakah pengaruh intensitas bimbingan orang tua membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Quran Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana, yang dilaksanakan di Mts Fatahillah Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini mengambil semua sampel yang berjumlah 66 siswa. Peneliti menggunakan instrumen angket dan instrumen tes untuk mendapatkan data variable X dan variabel Y. Dalam analisis uji hipotesis penelitian ini digunakan analisis regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari intensitas bimbingan orang tua membaca al-Qur’an terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Fatahillah Semarang. Pada taraf signifikansi 5 % diperoleh harga Ftabel = 3,99 dan harga Freg = 4,102. Jika dibandingkan maka harga Freg > harga Ftabel. Dengan demikian hasilnya signifikan. Sehingga intensitas bimbingan orang tua membaca al-Qur’an mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Fatahillah Semarang. Variasi nilai pengaruh intensitas bimbingan orang tua membaca al-Qur’an mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Fatahillah Semarang dapat dilihat melalui fungsi taksiran Ŷ= 69,190 + 0,175X.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan orang tua; Baca tulis Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:00
Last Modified: 05 Jul 2021 03:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9460

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics