Pembelajaran Kitab Kuning dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di MTs Manahijul Huda Ngagel-Dukuhseti-Pati
Setiyawan, Eko (2010) Pembelajaran Kitab Kuning dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di MTs Manahijul Huda Ngagel-Dukuhseti-Pati. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Eko_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran adalah sebuah aktifitas yang kompleks, yang memerlukan perhatian dalam persiapan dan proses. Jika kita amati berbagai praktek pembelajaran yang dilaksanakan oleh para guru, maka akan kita temui keaneka ragaman dan itu terjadi pada tingkah laku guru, siswa maupun situasi kelas. Jika diajukan suatu pertanyaan, tentang mengapa terjadi keaneka ragaman dalam proses pengajaran dan pembelajaran, maka kunci untuk menemukan jawabanya adalah guru itu sendiri. Peran dan fungsi guru dalam pembelajaran formal memberi warna dalam bentuk proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena pandangan guru berbeda-beda, dan kemampuan guru yang berbeda-beda pula. Perbedaan kemampuan ini biasanya dipengaruhi oleh latar belakang pendidikannya. Namun hal ini tidak sepatutnya untuk menghindari standar profesional guru dalam mengajar.
Perencanaan pembelajaran Kitab Kuning dilakukan dengan pembuatan silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Penulisan silabus dan RPP dengan menggunakan bahasa Arab sesuai dengan konteks materi Kitab Kuning yang menggunakan bahasa Arab merupakan langkah awal untuk menerapkan pendekatan kontekstual. Perangkat pembelajaran harus dirumuskan secara matang sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Suatu perencanaan yang maksimal akan dapat mencapai hasil yang maksimal. Hal tersebut menjadi acuan utama sebelum melakukan proses pembelajaran di MTs Manahijul Huda Ngagel
Proses pembelajaran Kitab Kuning dengan pendekatan dilaksanakan sesuai dengan karakter masing-masing materi. Hal ini ditujukan untuk mempermudah pemahaman siswa dan membuat pembelajaran agar lebih menarik sesuai dengan konteks kehidupan siswa, dan konteks materi. Selain itu dalam pembelajaran Kitab Kuning dengan pendekatan Kontekstual dilakukan pengkaitan materi pelajaran satu dengan materi pelajaran lainya hal ini bertujuan untuk memperluas pemahaman siswa. Adapun proses penghubungan antara materi Kitab Kuning satu sama lain sudah terjadi secara mutlak. Dengan kesamaan karakteristik, yaitu sama-sama membahas dirosah Islamiyah (keilmuan Islam), sama-sama mennggunakan teks bahasa Arab, dalam materi tertentu membahas topik yang sama, contohnya dalam materi fiqih dan hadits.
Perpaduan materi dalam pembelajaran Kitab Kuning dengan materi pelajaran umum juga dilakukan dalam proses pembelajaran. Memadukan materi pelajaran ini biasanya dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan otak. Dalam proses pemaduan materi ini siswa akan menemukan bahwa pengetahuan akan dapat saling melengkapi dan terjalin, tidak terbatas.
Pembelajaran Kitab Kuning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning sangat memperhatikan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik karena hal tersebut merupakan tujuan dalam setiap bentuk pembelajaran. Untuk mencapai tiga aspek tersebut dilakukan upaya pendekatan dan penyamaan persepsi pada semua guru pengampu materi Kitab Kuning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kitab Kuning; Pendekatan Kontekstual; Teaching of Islamic Classic Books; Contextual Approach |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 28 Sep 2013 02:53 |
Last Modified: | 28 Sep 2013 02:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/95 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year