Citra perempuan dalam iklan televisi : analisis semiotika pada iklan Shampoo Sunsilk berhijab dan non hijab

Marsela, Anis (2018) Citra perempuan dalam iklan televisi : analisis semiotika pada iklan Shampoo Sunsilk berhijab dan non hijab. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Citra perempuan merupakan penggambaran atau cerminan sosok perempuan melalui semua yang ada pada dirinya. Citra seringkali berkaitan dengan dunia periklanan. Produser pembuat iklan berusaha melakukan pembentukan citra sesuai dengan produk yang ditawarkan. Tidak sedikit iklan yang menyajikan citra perempuan baik dalam urusan domestik maupun publik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan citra perempuan dalam iklan shampoo berhijab dan non hijab dari produk Sunsilk dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda dan melakukan klasifikasi jenis tanda berdasarkan objeknya yaitu ikon, indeks, dan simbol. Kemudian diberikan pemaknaan atas tanda-tanda tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan memakai pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Dalam usaha mencari makna suatu tanda, Peirce membuat teori triangle meaning yang terdiri atas sign, object, dan interpretant. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan Sunsilk berhijab dan non hijab perempuan selalu ingin tampil menarik yaitu dengan mempertegas sifat kewanitaannya secara fisik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Citra perempuan; Iklan; Televisi; Semiotika
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 04 May 2019 03:24
Last Modified: 04 May 2019 03:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9501

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics