Penyelenggaraan manasik haji dan umroh di PT Masy’aril Haram Tour and Travel cabang Semarang tahun 2018 perspektif dakwah
Musyarrofah, Kholifatul (2019) Penyelenggaraan manasik haji dan umroh di PT Masy’aril Haram Tour and Travel cabang Semarang tahun 2018 perspektif dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penyelenggaraan Manasik Haji dan Umroh di PT Masy’aril Haram Tour and Travel Cabang Semarang Tahun 2018;(2) Bagaiman Perspektif Dakwah dalam Penyelenggaraan Manasik Haji dan Umroh di PT Masy’aril Haram Tour and Travel Cabang Semarang Tahun 2018. Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pengurus, dan jamaah manasik di PT Masy’aril Haram Tour and Travel Cabang Semarang, kemudian data juga diambil dengan mencantumkan dokumen-dokumentasi yang relevan dengan penelitian ini. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif induktif. Hasil penelitian yang dilakukan adalah (1) penyelenggaraan manasik haji dan umroh di PT Masy’aril haram tour and travel cabang semarang mencakup pembinaan, pelayanan dan perlindungan. Pembinaan yaitu membangun, mengusahakan, dan mengembangkan kemampuan secara bersama- sama dalam kegiatan ibadah haji dan umroh demi terlaksananya cita-cita ibadah haji dan umroh tersebut. Pembinaan dilakukan didua tempat, yaitu pembinaan ditanah air sendiri dan pembinaan ditanah suci makkah. Pembinaan dilakukan dalam bentuk manasik, baik manasik haji maupun umroh, dengan maksud untuk melatih para calon jamaah agar mengetahui serta memberi bekal supaya mereka melakukan seluruh kegiatan ibadah yang telah ditentukan ketika berada ditanah suci. Pelayanan ialah memenuhi kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung, teknis pelayanan yang dilakukan oleh PT Mastour ialah dengan menerima secara langsung customer kekantor atau melalui telepon, maka staf PT Mastour akan memulai menawarkan serta menjelaskan tentang paket-paket haji dan umroh baik leguler maupun plus. Setelah itu, bila customer merasa cocok dengan paket yang ditawarkan, akan terjadi persetujuan antara pihak PT Mastour dengan customer (calon jamaah). Selain itu pada saat menunaikan ibadah haji dan umroh, tiap jamaah memiliki hak perlindungan ketika jamaah sedang berada didalam pesawat, secara keseluruhan difasilitasi dengan menggunakan asuransi. (2) perspektif dakwah dalam penyelenggaraan manasik haji dan umroh adalah dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami serta terdapat unsur kebermanfaatan terhadap sosial, yakni dengan mengadakan santunan anak yatim, tausyiah terhadap para jamaah, dan berpartisipasi membangun Masjid yang didirikan di suatu daerah tertentu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manasik haji; Dakwah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 06 May 2019 08:38 |
Last Modified: | 23 May 2021 05:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9523 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year