Strategi manajemen pemasaran di biro haji dan umroh PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus
Muna, Zaimul (2018) Strategi manajemen pemasaran di biro haji dan umroh PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pertama, pengelolaan di biro haji dan umroh PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus dalam melayani calon jamaah, kedua, strategi pemasaran di biro haji dan umroh PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus dalam mengrekrut calon jamaah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode obserfasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu menyajikan data dengan cara menggambarkan kenyataan sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi manajemen pemasaran di biro haji dan umroh PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus. Adapun penerapan pengelolaan di PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus dalam melayani calon jamaah adalah 1) Perencanaan (dengan memberikan fasilitas atau layanan yang baik), 2) Pengorganisasian (penetapan struktur dan tugas-tugas karyawan atau staf perusahaan), 3) Penggerakan (memberikan variasi paket khususnya produk umroh), 4) Pengelolaan (mengadakan acara pengajian selapanan bagi jamaah yang sudah mengunakan produk PT. Arwaniyyah Tour & Travel), sedangkan strategi pemasaran yang digunakan di PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus dalam mengrekrut calon jammah menerapkan teori bauran pemasaran atau yang sering disebut 4P yaitu: 1) Product (produk yang ditawarkan di PT. Arwaniyyah Tour & Travel yaitu jasa pelayanan perjalanan haji khusus dan umroh), 2) Price (harga yang di tawarkan di PT. Arwaniyyah relative mahal tapi dengan fasilitas dan pelayanan yang di berikan tidak mengecewakan), 3) Pleace (PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus beralamat di Jln. KHM. Arwani kelurahan Kajeksan 24 kota), 4) Promotion (promosi yang digunakan di PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus citra perusahaan, jamiyah selapanan Arwaniyyah, dan media sosial). Faktor pendukung 1) citra baik yang dimiliki oleh PT. Arwaniyyah 2) fasilitas dan pelayanan yang memuaskan 3) adanya pembimbing yang kompeten dalam bidang haji dan umroh serta sudah berpengalaman karene pernah mukim di Negara arab. Sedangkan faktor penghambat, 1) mahalnya produk atau paket yang ditawarkan 2) persaingan di dunia bisnis banyaknya biro jasa perjalanan haji dan umroh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pemasaran; Biro perjalanan; Haji dan Umrah; Dakwah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 06 May 2019 08:39 |
Last Modified: | 23 May 2021 03:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9530 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year