Strategi pengembangan wisata syariah dengan pendekatan balanced scorecard : studi kasus Masjid Safinatun Najah

Syafa'ah, Annie (2019) Strategi pengembangan wisata syariah dengan pendekatan balanced scorecard : studi kasus Masjid Safinatun Najah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1405026112.pdf]
Preview
Text
1405026112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perumusan strategi tanpa mengetahui masalah dan penyebab terjadinya masalah tersebut kiranya mustahil dilakukan. Jika merumuskan strategi tanpa adanya perhitungan maka yang terjadi hanyalah “salah tempat” atau salah penerapan strategi. Dalam pengukurannya pun tidak hanya dilihat dari sisi keuangannya saja tetapi juga dilihat dari hal-hal non keuangan. Salah satu alat perancang strategis yaitu balanced scorecard, dimana dalam perancangannya menggunakan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Pada penelitian kali ini, peneliti akan membahas perancangan strategi yang ada pada wisata syariah Masjid Safinatun Najah atau yang lebih dikenal dengan ‘Masjid Kapal”.
Penelitian ini adalah penelitian terapan dimana penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menerapkan dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah praktis. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang ditujukan kepada pengunjung dan karyawan wisata syariah Masjid Safinatun Najah, dan wawancara yang dilakukan dengan pengurus wisata syariah Masjid Safinatun Najah. Sedangkan data sekunder didapat dari dokumen wisata syariah Masjid Safinatun Najah seperti laporan keuangan dan dokumentasi dari buku-buku atau penelitian terdahulu. Alat analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, dan untuk uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah para pengunjung dan karyawan wisata syariah Masjid Safinatun Najah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perspektif keuangan menunjukkan penurunan pemasukan sebesar 34,4%. Pada perspektif pelanggan juga mengalami penurunan pengunjung sebesar 36,6% dan nilai kepuasan pelanggan memiliki skor 3,65 yang masuk pada kategori puas. Pada perspektif bisnis internal dari dua pengukuran yaitu loyalitas pengunjung dan karyawan menghasilkan skor sebesar 3,46 yang masuk pada kategori cukup puas. Dan yang terakhir yaitu perspektif pertumbuhan dan pembelajaran memiliki skor 3,16 yang masuk pada kategori cukup puas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata syariah; Balanced scorecard
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 27 Jun 2019 09:37
Last Modified: 16 Jul 2021 09:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9638

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics