Analisis pengaruh marketing mix rahn terhadap pertimbangan nasabah dalam pemanfaatan pegadaian syariah : studi kasus Unit Pegadaian Syariah Ngaliyan Square

Romadhoni, Eni (2019) Analisis pengaruh marketing mix rahn terhadap pertimbangan nasabah dalam pemanfaatan pegadaian syariah : studi kasus Unit Pegadaian Syariah Ngaliyan Square. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI ACC.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI ACC.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana upaya yang dilakukan pegadaian syariah dalam menarik nasabah untuk memanfaatkan jasa pegadaian syariah. Pegadaian syariah masih terbilang baru, sehingga perlu pemasaran yang cukup signifikan untuk menarik minat nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix terhadap pertimbangan nasabah dalam pemanfaatan pegadaian syariah.
Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis kuantitatif, yaitu analisis data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistic. Metode pengumpulan data diperoleh dari menyebarkan kuesioner kepada para nasabah. Uji hipotesis menggunakan metode analisis regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari beberapa variabel bebas dengan variabel terikat yaitu marketing mix terhadap pertimbangan nasabah.
Hasil penelitian ini Y = 8,056 + 0,52 (X1) + 0,52 (X2) + 0, 155 (X3) + 0,165 (X4) dan signifikasi 0.001 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian koefisien regresi (uji t) menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,987 > 1,676 ttabel., sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), promosi (X5) berpengaruh terhadap variabel pertimbangan nasabah (Y). Dalam koefisien determinasi diketahui nilai koefisien sebesar 0,264. Diasumsikan bahwa pengaruh marketing mix terhadap pertimbangan nasabah sebesar 26,4%, sisanya 73,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing mix; Rahn; Pertimbangan nasabah; Pegadaian syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 12 Jun 2019 06:55
Last Modified: 10 Dec 2021 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9647

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics