Analisis pengaruh kewajaran harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen : studi kasus Minimarket Kopma UIN Walisongo Semarang
Fadilah, Nur (2018) Analisis pengaruh kewajaran harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen : studi kasus Minimarket Kopma UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Semakin banyaknya bisnis ritel yang muncul seperti pasar Swalayan ataupun Minimarket, membuat Minimarket Kopma UIN Walisongo menawarkan berbagai macam fasilitas dan kemudahan kepada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisnis mereka maju dan mahasiswa merasa puas terhadap Minimarket tersebut. Masalah yang diteliti adalah kewajaran harga, kualitas produk, dan kualitas layanan apakah berpengaruh terhadap kepuasan konsumen? berpengaruh atau tidaknya bisa dilihat dari cara penjualan yang dilakukan oleh kopma itu sendiri bisa dari segi harga ataupun kualitas produknya, atau bisa dilihat dari karakteristik konsumen yaitu mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Sampel sejumlah 100 responden yang merupakan Konsumen Minimarket Kopma UIN Walisongo Semarang. Hasil dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan di analisis menggunakan analisis regresi berganda. Metode yang yang digunakan dalam penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling. Uji kualitas data dalam penelitian ini adalah uji validitas Pearson Correlation dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Untuk Uji hipotesis dalam penelitian ini, menggunakan uji koofisien determinasi yang sudah disesuaikan dengan uji F, uji t.
Hasil data penelitian ini menunjukkan bahwa Kewajaran Harga, Kualitas Layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen MiniMarket Kopma UIN Walisongo Semarang sedangkan Kualitas Produk berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman bagi pihak Minimarket Kopma UIN Walisongo dalam meningkatkan kualitasnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kewajaran harga; Kualitas produk; Kualitas layanan; Kepuasan konsumen; Minimarket |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 07:25 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 07:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9661 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year