Analisis pengaruh kualitas pelayanan atas klaim program jaminan hari tua (JHT) terhadap kepuasan konsumen dalam perspektif Islam : studi kasus di kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ungaran
Yofitasari, Pangestu (2019) Analisis pengaruh kualitas pelayanan atas klaim program jaminan hari tua (JHT) terhadap kepuasan konsumen dalam perspektif Islam : studi kasus di kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Jaminan sosial merupakan salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak. Indonesia telah menetapkan bahwa jaminan sosial merupakan salah satu hak asasi manusia seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H dimana bunyinya adalah setiap orang berhak atas jaminan sosial. Salah satu program jaminan sosial pemerintah yang penting untuk diikuti adalah Jaminan Hari Tua (JHT) yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan sumber data primer serta data sekunder. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan telah ditetapkan sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Uji parsial (uji T) menunjukkan variabel bukti fisik sebesar 4,713 atau 47,13%, variabel keandalan sebesar 3,144 atau 31,44%, variabel daya tanggap sebesar 3,495 atau 34,95%, variabel jaminan sebesar 2,082 atau 20,82%, dan variabel empati sebesar 2,842 atau 28,42%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh terhadap kepuasan konsumen klaim jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan Ungaran. Hasil uji simultan (uji F) pada semua variabel independen diperoleh f_hitung sebesar 104,106 sedangkan 〖 f〗_tabel sebesar 2,31. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen klaim jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan Ungaran. Dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh presentase sebesar 0,847 hal ini menunjukkan 84,7% kepuasan konsumen di BPJS Ketenagakerjaan Ungaran disebabkan oleh faktor bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan; Jaminan Hari Tua; BPJS Ketenagakerjaan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 07:30 |
Last Modified: | 13 Jun 2019 07:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9663 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year