Analisis manajemen pemasaran dalam mengembangkan usaha seni kaligrafi

Tanjung, Iwan Faisyal (2018) Analisis manajemen pemasaran dalam mengembangkan usaha seni kaligrafi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026134_Iwan Faisyal Tanjung_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505026134_Iwan Faisyal Tanjung_lengkap)
Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen pemasaran merupakan kegiatan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi (perusahaan) dalam jangka panjang. Manajemen sangat diperlukan dalam kegiatan usaha, dengan manajemen pemasaran diharapkan perusahaan dapat terus berkembang, bertahan lama dan mencetak keuntungan.Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti manajemen pemasaran yang ada di Hasena Art Rejosari Mijen Demak dalam mengembangkan usaha.
Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pemasaran, kendala, dan strategi pemasaran dalam mengembangkan usaha seni kaligrafi Hasena Art Rejosari Mijen Demak.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di usaha seni kaligrafi Hasena Art Rejosari Mijen Demak. Data-data diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini adalah manajemen pemasaran usaha seni kaligrafi Hasena Art Rejosari Mijen Demak menerapkan fungsi manajemen diantaranya: Perencanaan yaitu: jangka pendek melakukan inovasi produk, jangka panjang meningkatkan jumlah produksi, dan penambahan karyawan. Pengorganisasian yaitu: adanya struktur organisasi namun belum berjalan efektif. Pengarahan yaitu: pengarahan sangat gencar dilakukan pada bagian produksi. Pengendalian yaitu: mengendalikan tenaga kerja yang belum menguasai bagian produksi. Evaluasi yaitu: segera melakukan pencatatan dan pembukuan keuangan. Sedangkan untuk bauran pemasarannya: Produk yaitu:berkualitas baik. Harga yaitu: kompetitif menyesuaikan kualitas produk. Tempat yaitu: belum mempunyai outlet dan tempat produksi yang luas. Promosi yaitu: hanya menggunakan media sosial facebook saja.
Kendala yang dihadapi: kualitas Sumber Daya Manusia, manajemen keuangan dan pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukan Hasena Art Rejosari Mijen Demak dalam mengembangkan usaha seni kaligrafi yaitu: strategi segmentasi pasar, strategi penetrasi pasar dan strategi umum perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Bauran pemasaran; Strategi pemasaran; Seni kaligrafi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:33
Last Modified: 26 Jul 2021 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9665

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics