Strategi peningkatan mutu pendidik dengan analisis SWOT di SDIT Bina Insani Semarang

Firila, Dina Fanny (2019) Strategi peningkatan mutu pendidik dengan analisis SWOT di SDIT Bina Insani Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Strategi peningkatan mutu pendidik berbasis analisis SWOT di SDIT Bina Insani Semarang. 2. Implikasi mutu pendidik berbasis analisis SWOT di SDIT Bina Insani. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi peningkatan mutu pendidik berbasis analisis SWOT di SDIT Bina Insani Semarang menggunakan konsep analisis SWOT dimulai dari tahap: menganalisis faktor pendidik dari internal dan eksternal, memberikan skor,nilai dan bobot di setiap variabel pendidik di kekuatan,kelemahan,peluang serta ancaman. Hasil dari analisis swot SDIT Bina Insani berada di posisi Kuadran SO, yang mendukung strategi agresif untuk mendukung peningkatan mutu sekolah menciptkan strategi yang memanfaatkan kekuatan untuk menangkap peluang yang ada. Strategi yang diupayakan oleh sekolah untuk meningkatkan mutu pendidik yaitu mengefektifkan kegiatan KKG,PPG, dan PKG untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemui pendidik dalam PBM,memberdayakan pendidik untuk menggunakan teknologi informasi dalam PBM,mengitensifkan kegiatan keagamaan untuk membentuk pendidik yang iman dan taqwa, dan mengefektikan kegiatan pelatihan atau seminar dalam pengembangan profesional pada pendidik. Implikasi dari strategi yang telah diupayakan oleh sekolah ialah pendidik dapat mengajar sesaui dengan materi dan mengaplikasikan dengan alat teknologi dan komputer, pendidik dapat membaca Al-Quran dengan tartil serta dapat menngunakan metode pembelajaran yang kreatif dan aktif.
Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menjadi bahan pemikiran, informasi, dan masukan tentang mutu pendidik bagi lembaga pendidikan, para pemikir pendidikan, mahasiswa, dan seluruh pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas, Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mutu pendidik; Analisis SWOT; Kualitas guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 04 Jul 2019 09:37
Last Modified: 04 Jul 2019 09:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9731

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics