Penggaruh penggunaan metode kata lembaga terhadap keterampilan membaca permulaan pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 MI Miftakhul Akhlaqiyah tahun pelajaran 2018/2019

NihayatulMuna, NihayatulMuna (2019) Penggaruh penggunaan metode kata lembaga terhadap keterampilan membaca permulaan pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 MI Miftakhul Akhlaqiyah tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Metode Kata Lembaga terhadap Keterampilan Membaca Permulaan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MI MiftakhulAkhlaqiyah Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode membaca yang diterapkan di kelas kurang efektif karena siswa ada yang sudah bisa membaca dan ada yang belum bisa membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penerapan metode kata lembaga dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 MI MiftakhulAkhlaqiyah tahun pelajaran 2018/2019 ?
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling random/ acak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 1-B sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 28 peserta didik, dan kelas 1-A sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 28 peserta didik.
Data hasil penelitian yang terkumpul dan dianalisis menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji dua rata-rata. Nilai awal untuk kelas kontrol tertinggi 83, nilai Post test untuk kelas kontrol tertinggi 85, sedangkan Nilai awal kelas eksperimen tertinggi 87 dan nilai Post test kelas eksperimen 98. Berdasarkan uji hipotesis dua rata-rata diperoleh t hitung untuk nilai awal 1,69046 dan t table 2,005, sedangkan t hitung nilai akhir 4,15125 dan t table nya 2,005. Uji t akhir menunjukkan bahwa penelitian ini t hitung> t table , maka penerapan metode kata lembaga efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI MiftakhulAkhlaqiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 01:54
Last Modified: 29 May 2021 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9749

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics