Implementasi pendidikan karakter melalui program tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV MIN Kalibuntu Wetan Kendal tahun ajaran 2017/2018

Nadhiroh, Lela (2019) Implementasi pendidikan karakter melalui program tahfidz Al-Qur’an siswa kelas IV MIN Kalibuntu Wetan Kendal tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendidikan karakter melalui program tahfidz al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pengoptimalan pendidikan karakter di sekolah dan realita yang ada masih maraknya tindak kejahatan baik di media elektronik dan media cetak, dan berkurangnya rasa gemar membaca al-Qur’an pada siswa. Melalui program tahfidz al-Qur’an di sekolah dapat membekali siswa agar bisa membaca dan menghafal al-Qur’an sekaligus dalam membentuk akhlak mulia pada siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut digunakan untuk menggambarkan situasi di lapangan dalam bentuk tulisan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter melalui program tahfidz al-Qur’an di kelas IV MIN Kalibuntu Wetan Kendal sudah berjalan dengan baik dalam membentuk karakter jiwa Qur’ani siswa. Pelaksanaannya mencakup pembelajaran tahfidz al-Qur’an dan internalisasi nilai-nilai karakter. Guru menggunakan beberapa metode diantaranya metode muraja’ah, bin nadhar, dan setoran dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-Qur’an siswa. Dalam internalisasi nilai-nilai karakter guru menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, dan reward and punishment dalam kegiatan muraja’ah, maupun ketika melakukan setoran. Siswa nampak memiliki karakter jujur, percaya diri, pekerja keras, menghargai waktu, memiliki harga diri, dan mandiri. Hal ini terlihat pada akhlak peserta didik selama pembelajaran dan diluar pembelajaran memberikan dampak positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Program tahfidz Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:10
Last Modified: 29 May 2021 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9761

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics