Implementasi Experiental Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Kimia pada Materi Asam Basa Peserta Didik Kelas XI IPA MAN Bojonegoro
Widyawati, Mita (2012) Implementasi Experiental Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Kimia pada Materi Asam Basa Peserta Didik Kelas XI IPA MAN Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083711013_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (661kB) | Preview
083711013_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
083711013_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (364kB) | Preview
083711013_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
083711013_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (138kB) | Preview
083711013_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
083711013_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas implementasi experiental learning dalam meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep kimia peserta didik pada materi asam basa kelas XI IPA di MAN 2 Bojonegoro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apakah penerapan experiental learning dapat meningkatkan motivasi peserta didik pada materi asam basa kelas XI IPA MAN 2 Bojonegoro? (2) Apakah penerapan experiental learning dapat meningkatkan penguasaan konsep kimia pada peserta didik materi asam basa kelas XI IPA MAN 2 Bojonegoro? Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan melibatkan 44 orang peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 2 Bojonegoro tahun ajaran 2011/2012. Data penelitian dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep, pedoman observasi dan angket motivasi peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil tes penguasaan konsep peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh kenaikan rata-rata tes penguasaan konsep pada aspek kognitif dari 51,36 pada pra siklus menjadi 76,95 pada siklus I. Sedangkan pada siklus II rata-rata penguasaan konsep kimia peserta didik sebesar 83,13 meningkat menjadi 86,52 pada saat posttest.. Pada aspek afektif terdapat peningkatan dari 58,41 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 70,06 pada siklus II dengan kategori baik. Pada aspek psikomotorik ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata dari 58,02 pada siklus I menjadi 65,93 pada siklus II dengan kategori cukup.
Berdasarkan data angket motivasi peserta didik menunjukkan bahwa motivasi peserta didik selalu mengalami peningkatan tiap siklusnya. Presentase pada kategori attention meningkat dari 65,28% pada siklus I menjadi 75,79% pada siklus II. Pada kategori relevantion meningkat dari 65,91% pada siklus I menjadi 72,35% pada siklus II, untuk kategori confidence meningkat dari 54,89% pada siklus I menjadi 70,91% pada siklus II dan pada kategori satisfaction terjadi peningkatan dari 70,00% pada siklus I menjadi 79,03% pada siklus II. Pada siklus I jumlah skor yang diperoleh peserta didik 4217 dengan rata-rata 63,89. Sedangkan jumlah skor angket motivasi peserta didik pada siklus II sebesar 49,28 dengan rata-rata 74,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran experiental learning dapat meningkatkan motivasi dan penguasaan konsep kimia peserta didik pada materi asam basa kelas XI IPA MAN 2 Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Experiental Learning; Konsep Kimia; Asam Basa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 07:31 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 07:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/977 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year