Efektivitas Metode The Firing line dengan Pendekatan Active Learning pada Materi Penamaan Senyawa Kimia (Suatu Eksperimen di MA An-Nidham Demak Kelas X Tahun Ajaran 2011/2012).
Aini, Nur (2012) Efektivitas Metode The Firing line dengan Pendekatan Active Learning pada Materi Penamaan Senyawa Kimia (Suatu Eksperimen di MA An-Nidham Demak Kelas X Tahun Ajaran 2011/2012). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083711020_Coverdll.pdf - Bibliography
Download (670kB) | Preview
083711020_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
083711020_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (130kB) | Preview
083711020_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (111kB) | Preview
083711020_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (113kB) | Preview
083711020_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
083711020_Bibliografi.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “Two Group, Pretest Posttest Design”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Efektifkah metode Firing Line dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di MA An-Nidham Kalisari Sayung Demak?
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penggunaan metode Firing Line dengan pendekatan active learning pada materi penamaan senyawa kimia di MA An-Nidham tahun 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 1 MA An-Nidham Kalisari Sayung Demak tahun pelajaran 2011/2012 yang terbagi dalam 2 kelas sebanyak 80 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Terpilih peserta didik kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji statistik yakni perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil perhitungan pada kemampuan akhir kelas eksperimen setelah mendapat perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran firing line diperoleh rata-rata 72,00 dan (SD) adalah 11,81, sedangkan untuk kelas kontrol dengan setelah mendapat perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 64,25 dan (SD) adalah 11,91 dan = 2,923 dikonsultasikan dengan pada α = 5 % = 78 diperoleh = 1,991. Hal ini menunjukkan bahwa > sehingga Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya rata-rata hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran Firing Line lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar kimia yang diajar dengan pembelajaran langsung dengan metode ceramah.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan metode firing line lebih baik dan efektif digunakan dari pada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi tata nama senyawa kimia di MA An-nidham Sayung Demak dan disarankan guru dapat terus mengembangkan metode pembelajaran firing line dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Firing line; Active Learning; Senyawa Kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 07:33 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 07:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/979 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year