Efektivitas pengunaan strategi concept map dan crossword pazzle terhadap prestasi belajar materi ketentuan haji dan umrah peserta didik kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin tahun pelajaran 2017/2018

Khanifah, Nusrotul (2019) Efektivitas pengunaan strategi concept map dan crossword pazzle terhadap prestasi belajar materi ketentuan haji dan umrah peserta didik kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Nusrotul Khanifah___1403096114.pdf]
Preview
Text
Nusrotul Khanifah___1403096114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh guru (pendidik) kurang mengemas pembelajaran dengan strategi yang menarik dan menyenangkan, peserta didik bosan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung, rendahnya penguasaan peserta didik terhadap materi pembelajaran sehingga menjadikan peserta didik bermain sendiri dan bercerita dengan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh strategi concept mapp dan crossword pazzle terhadap prestasi belajar pada materi ketentuan haji dan umrah di kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes.
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Berdasarkan hasil post-test yang telah dilakukan, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 66,09 dengan standar deviasi (s) 12,79. Sementara nilai rata-rata nilai eksperimen adalah 76,96 dengan standar deviasi (s) 13,46. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung = 2,807 dan t_tabel= t_((0,05)(65)) = 1,680. Karena t_hitung>t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada perbedaan signifikan keterampilan peserta didik yang menggunakan strategi concept mapp dan crossword pazzle dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional.
Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan strategi concept mapp dan crossword pazzle efektif terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin pada mata pelajaran Fiqih.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Concept map and Crossword Pazzle; Prestasi belajar; Pendidikan agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 18 Jul 2019 00:48
Last Modified: 29 May 2021 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9792

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics