Studi analisis instrumen tes buatan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI semester gasal di Madrasah Aliyah Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2018/2019
Rizal, Hendi Ahmad (2019) Studi analisis instrumen tes buatan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI semester gasal di Madrasah Aliyah Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
skripsi hendri ahmad rizal 1403016048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas kualitas instrumen tes yang dibuat oleh Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kajiannya dilatar belakangi oleh belum dilaksanakannya uji kualitas soal secara kuantitatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kualitas Instrumen tes objektif bentuk pilihan ganda buatan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) Jepara mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI semester gasal di madrasah aliyah Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2018/2019 dilihat dari: Aspek validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan, fungsi pengecoh? (2) Bagaimana kualitas instrumen tes subjektif bentuk essay buatan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI semester gasal di Madrasah Aliyah Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2018/2019 dilihat dari: Aspek Validitas, reliabilitas, daya beda dan, tingkat kesukaran?
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling kelompok (cluster sampling). Ciri-ciri yang digunakan peneliti guna mengelompokkan sampel yakni akreditasi madrasah. diambilah Madrasah Aliyah Negeri 01 Bawu (sebagai sampel MA berakreditasi A), Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama’ Batealit (sebagai sampel MA berakreditasi B) dan Madrasah Aliyah Al Kahfi Batealit (sebagai sampel MA berakreditasi). Ketiga madrasah tersebut dijadikan sebagai tempat penelitian yang diambil datanya berupa butir-butir soal beserta respon butir soal siswa bentuk pilihan ganda dan essay dalam ujian akhir semester gasal kelas XI buatan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diambil dari tempat penelitian dijadikan sampel untuk mendapatkan potret kualitas instrumen tes di Madrasah Aliyah Kabupaten Jepara. Datanya diperoleh dengan teknik dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan dianalisis dari aspek validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh (efektivitas pengecoh khusus pilihan ganda).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) instrumen tes bentuk pilihan ganda dari 40 butir soal memiliki validitas baik yaitu sebesar 95% soal dinyatakan valid, sedangkan sebesar 5% butir soal tidak valid. Reliabilitas tes menunjukkan reliabel dengan koefisien korelasinya 0,81 Daya beda soal sebanyak 52,5% butir soal mempunyai daya beda yang baik, sebanyak 35% butir soal memiliki daya beda cukup, sedangkan butir soal yang memiliki daya beda jelek hanya 12,5% butir soal. Tingkat kesukaran yang didapat mendekati proporsi seimbang yaitu perbandingan sukar:sedang:mudah sebesar 12,5%:47,5%:40%. Efektivitas pengecoh yang didapat dari 160 pengecoh sebanyak 101 berfungsi efektif dan sebanyak 59 pengecoh tidak berfungsi efektif. (2) instrumen tes bentuk essay dari 5 butir soal memiliki validitas baik yaitu, sebesar 100% butir soal dinyatakan valid. Reliabilitas dinyatakan reliabel dimana r_11 didapati pada angka 0,604. Daya beda soal dari 5 butir soal yang disajikan terdapat 20% butir soal memiliki daya beda baik, 60% butir soal memiliki daya beda sedang, dan 20% butir soal memiliki daya beda jelek. Tingkat kesukaran tes essay belum mendekati proporsi seimbang karena 100% butir soal memiliki tingkat kesukaran yang mudah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen tes; Evaluasi pembelajaran; Validitas; Reliabilitas |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 20 Jul 2019 02:20 |
Last Modified: | 20 Jul 2019 02:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9809 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year