Pengaruh Respon Siswa pada Pemanfaatan Media Flash Player Berbasis Chemoedutainment (CET) terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X MA Darul Ulum Wates Ngaliyan.
Isvikawati, Isvikawati (2012) Pengaruh Respon Siswa pada Pemanfaatan Media Flash Player Berbasis Chemoedutainment (CET) terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X MA Darul Ulum Wates Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083711026_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (663kB) | Preview
083711026_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
083711026_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
083711026_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (92kB) | Preview
083711026_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (126kB) | Preview
083711026_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
083711026_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya pengaruh respon siswa pada pemanfaatan media Flash Player berbasis Chemoedutainment (CET) terhadap hasil belajar kimia materi pokok Hidrokarbon kelas X MA Darul Ulum Wates Ngaliyan. 2) Seberapa besar pengaruh respon siswa pada pemanfaatan media Flash Player berbasis Chemoedutainment (CET) terhadap hasil belajar kimia materi pokok Hidrokarbon kelas X MA Darul Ulum Wates Ngaliyan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasi dengan teknik analisis regresi sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X mengingat jumlah siswa kelas X dalam sekolah ini kurang dari 100 siswa. Oleh karena itu, penelitian ini adalah penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, angket, dan tes.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara respon siswa pada pemanfaatan media Flash Player berbasis Chemoedutainment (CET) terhadap hasil belajar kimia materi pokok Hidrokarbon kelas X MA Darul Ulum Wates Ngaliyan.
Dari proses perhitungan analisis korelasi didapat nilai korelasi sebesar 0,806. Melalui uji t diperoleh thitung adalah 4,304. Pada taraf signifikansi 5% harga thitung = 4,304 lebih besar dari ttabel = 2,179 sehingga korelasi antara variabel X dan Y adalah signifikan. Hal tersebut juga ditunjukkan dari analisis regresi diperoleh Freg hitung sebesar = 18,27. Harga ini lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 5% dan 1 % yaitu 4,965 dan 10,04. Artinya, baik pada taraf 1% maupun 5%, Freg signifikan. Hal ini berarti respon siswa pada pemanfaatan media Flash Player berbasis Chemoedutainment (CET) berpengaruh pada hasil belajar kimia materi pokok Hidrokarbon.
Berdasarkan hasil yang didapat, disarankan agar pada proses pembelajaran dengan pemanfaatan media Flash Player berbasis Chemoedutainment (CET) dilakukan kombinasi pembelajaran dengan metode ceramah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, pada proses pembelajaran hendaknya guru mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari agar siswa merasa tertarik dan hasil belajar menjadi lebih bermakna dan bagi peneliti selanjutnya, perlu memperhatikan beberapa hambatan yang mungkin terjadi pada saat penelitian antara lain kurangnya jam pelajaran dan jumlah komputer yang dimiliki oleh sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Chemoedutainment (CET); Hasil belajar; Kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 00:55 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 00:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/981 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year