Materi pendidikan akhlak pada anak : analisis pemikiran Ibn Maskawaih dalam kitab Tahdzib Al-Akhlak
Ulya, Ufida Azimatul (2019) Materi pendidikan akhlak pada anak : analisis pemikiran Ibn Maskawaih dalam kitab Tahdzib Al-Akhlak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas materi pendidikan akhlak pada anak dalam kitab Tahdzib Al-Akhlak karya Ibn Maskawaih. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kemerosotan akhlak pada anak di dunia Islam dan maraknya kejahatan yang terjadi akhir-akhir ini. Ini akan menjadi PR bagi para pendidik baik orang tua maupun guru. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana materi pendidikan akhlak pada anak dalam kitab Tahdzib Al-Akhlak¬ karya Ibn Maskawaih?
Untuk mengumpulkan data menggunakan metode dokumentasi dengan pengambilan data langsung dari berbagai sumber yang dijadikan rujukan salah satunya buku yang berjudul Menuju Kesempurnaan Akhlak karya Helmi Hidayat. Perlunya pendidikan akhlak sebelum anak menjadi pribadi yang shaleh dan beriman dengan cara pembiasaan sejak anak-anak dan berharap pada masa remaja, dewasa hingga tuanya akan terbiasa berakhlak sesuai apa yang dilakukan saat menjadi anak-anak tanpa sebuah pertimbangan. Kemudian data yang diperoleh untuk keperluan analisis.
Cara analisis data menggunakan metode deskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa Ibn Maskawaih sangat peduli dengan akhlak yang terbukti dari buku yang beliau tulis adalah buku tentang akhlak berjudul Tahdzib Al-Akhlak. Beliau tidak hanya menulis akan tetapi juga berdasarkan pengalaman pribadinya. Materi akhlak yang ada dalam bukunya pun beliau laksanakan sendiri. Jadi tidak munafik bila julukan “Bapak Filsafat Etika” ini disandangnya karena apa yang beliau tulis dalam karyanya juga beliau kerjakan sendiri.
Adapun hasil penelitiannya adalah adab berpakaian, meliputi: sederhana dalam berpakaian, warna pakaian yang paling baik, berpakaian sebagai penunjang moral. Adab makan dan minum, meliputi: sederhana dalam makan, makan berat diwaktu malam, tidak sering makan daging, tidak sering makan kue atau permen dan buah, tidak minum disela-sela makan, tidak minum minuman haram. Adab tidur, meliputi: tidak tidur terlalu lama. Adab bersama orang lain, meliputi: tidak meludah/ membuang ingus atau menggeliat dan menguap, membiasakan diam. Adab tawadhu’, meliputi: tidak menyembunyikan sesuatu, tidak mengaduh bila dipukul gurunya, membiasakan taat pada orang tua, larangan mengangkat sebelah kaki kemudian meletakkannya di atas kaki yang lain, larangan bertopang dagu. Oleh karena itu, penelitian ini sangat relevan untuk diterapkan pada zaman sekarang dan memberikan acuan tentang pentingnya pendidikan akhlak pada anak untuk bekal di masa sekarang dan masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan akhlak; Pendidikan anak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Khozin |
Date Deposited: | 20 Jul 2019 02:51 |
Last Modified: | 20 Jul 2019 02:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9817 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year