Pengembangan bahan ajar berbasis peta konsep bergambar pada materi invertebrata sebagai sumber belajar kelas X SMA Islam Raudlatul Falah

Azaruddin, Maula Aqid (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis peta konsep bergambar pada materi invertebrata sebagai sumber belajar kelas X SMA Islam Raudlatul Falah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI MAULA AQID AZARUDDIN.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI MAULA AQID AZARUDDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajarberbasis peta konsep bergembar pada materi invertebrata ini didasarkan pada masih kurangnya pemahaman peserta didik kelas X SMA Islam Raudlatul Falah mengenai karakteristik dan klasifikasi invertebrata serta masih terbatasnya sumber belajar yang dapat mempermudah pemahaman peserta didik pada materi Invertebrata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan produk dan kelayakan bahan ajarberbasis peta konsep bergambar pada materi Inverebrata di kelas X SMA Islam Raudlatul Falah Bermi, Gembong Pati. Bahan ajar berbasis peta konsep bergambar pada materi invertebrata dikembangkan menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Pengembangan bahan ajarberbasis peta konsep bergambar pada materi Invertebrata dikembangkan dengan Microsoft Word 2007 dan mendapatkan penilaian dan masukan dari ahli materi, ahli media, guru biologi dan peserta didik kelas X SMA Islam Raudlatul Falah Bermi, Gembong Pati. Hasil validasi ahli materi didapatkan bahwa produk yang dikembangkan memperoleh kategori layak dengan persentase kelayakan 70,9 %, ahli media memperoleh kategori layak dengan persentase kelayakan 77,7 %, penilaian guru biologi memperoleh kategori kelayakan sangat layak dengan persentase kelayakan 91,5% dan dari tanggapan peserta didik memperoleh persentase kelayakan sebesar 87,08% sehingga bahan ajarberbasis peta konsep bergambar pada materi invertebrata sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini hanya dilakukan dalam skala terbatas sehingga perlu dikembangkan ke lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Media pembelajaran;Ppeta konsep bergambar; Sumber belajar; Invertebrata; Pembelajaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:15
Last Modified: 27 Jul 2019 03:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9878

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics