Pengembangan modul berbasis S.E.T.S.I: science, environment, technology, society, and Islamic integration pada konsep invertebrata

Ladaina, Milati (2019) Pengembangan modul berbasis S.E.T.S.I: science, environment, technology, society, and Islamic integration pada konsep invertebrata. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi lengkap.pdf]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum adanya modul Biologi kelas X MA/SMA yang berbasis S.E.T.S.I. (Science, Environment, Technology, Society, and Islamic Integration) pada materi invertebrata di sekolah. Sesuai dengan salah satu tujuan fakultas sains dan teknologi UIN Walisongo yaitu menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang sains dan teknologi serta memiliki wawasan unity of sciences dan berakhlakul karimah, maka peneliti melakukan penelitian berupa pengembangan modul berbasis S.E.T.S.I. (Science, Environment, Technology, Society, and Islamic Integration) pada konsep invertebrata. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul yang dikembangkan. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima fase, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation.Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes (pre-test dan post-test). Data angket didapat dari ahli materi, ahli media dan guru biologi MA HidayatulAthfal Pekalongan, dan hasil tes yang berupa data kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa modul berbasis S.E.T.S.I. layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada persentase rata-rata penilaian ahli materi 93,1%, ahli media 94,2%, dan guru biologi 94%. Sementara tingkat kognitif siswa mendapat kenaikan skor dari nilai pre-test ke post-test yaitu 52,5 menjadi 89,1 sehingga mencapai kriteria sangat tinggi dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 91,5% yang mana hasil tersebut menunjukkan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Bahan ajar; S.E.T.S.I. (Science, Environment, Technology, Society, and Islamic Integration); Invertebrata; Pembelajaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
500 Natural sciences and mathematics > 590 Animals (Zoological sciences) > 592 Invertebrates
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:18
Last Modified: 27 Jul 2019 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9880

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics