Pengembangan komik sistem saraf terintegrasi nilai-nilai Islam sebagai media pembelajaran Biologi

Hidayah, Aulia Maharani (2019) Pengembangan komik sistem saraf terintegrasi nilai-nilai Islam sebagai media pembelajaran Biologi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi lengkap.pdf]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dapat berjalan lancar apabila tepat dalam pemilihan media pembelajaran. Pembelajaran sistem saraf merupakan salah satu pembelajaran yang dianggap menakutkan bagi siswa, karena memuat konsep-konsep yang abstrak dan sulit untuk dipelajari. Komik dinilai sebagai media pembelajaran yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut, melalui komik, hal-hal yang abstrak dapat dikongkretkan dan hal-hal yang kompleks dapat disederhanakan. Komik diharapkan mampu menarik siswa dan mempermudah siswa dalam mempelajari sistem saraf. Komik yang dikembangkan diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam yang bertujuan untuk menambah sikap spiritual peserta didik dan peserta didik mampu mensyukuri atas nikmat yang Allah SWT berikan. Komik yang dikembangkan menggunakan tokoh yang bernama Sigit, Fajar Ibe, Iqbal, dan Agus yang memiliki persahabatan luar biasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R and D). Prosedur pengembangan media komik yang digunakan adalah prosedur pengembangan menurut Sugiyono yang diadaptasi dari langkah penelitian Borg dan Gall. Peneliti merumuskan tahapan penelitian yang sesuai dengan kebutuhan. Tahap yang ditempuh dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap keenam. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan komik sistem saraf sangat layak digunakan dengan skor rata-rata persentase sebesar 85,2% dari pendapat para ahli, 83,2% dari pendapat guru, dan 90,5% dari pendapat siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Komik; Sistem saraf; Integrasi sains dan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:20
Last Modified: 27 Jul 2019 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9882

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics