Pengembangan media fotonovela berbasis PBL (problem based learning) materi sistem pernapasan manusia pada siswa SMP kelas VIII

Umami, Riya (2019) Pengembangan media fotonovela berbasis PBL (problem based learning) materi sistem pernapasan manusia pada siswa SMP kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi Lengkap.pdf]
Preview
Text
Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dapat dikatakan behasil bila terjadi pembentukan komunikasi yang efektif diantara komponen-komponen belajar. Salah satu cara membentuk komunikasi yang efektif adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang memiliki fungsi sebagai pembawa informasi yang akan disampaikan kepada siswa sehingga pembelajaran akan berjalan secara efektif. Pengembangan media fotonovela berbasis PBL (Problem Based Learning) masih jarang dipergunakan dalam jenjang pendidikan khususnya pada materi biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain mengembangkan media fotonovela berbasis PBL materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP dan untuk mengetahui media pembelajaran yang dikembangkan layaka dalam pembelajaran materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP. Langkah-langkah penelitian atau proses pengembangan dalam penelitian ini mengikuto model pengembangan dari Thiagarajan yakni pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil dari pengembangan media fotonovela sistem pernapasan manusia yaitu sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan media fotonovela diperoleh berdasarkan penilaian hasil uji validasi dan uji lapangan. Uji validasi oleh ahli materi dengan persentase 92%, ahli media dengan persentase sebesar 73%, dan guru biologi dengan persentase sebesar 81%. Penelitian diuji cobakan kepada siswa dalam kelas kecil yang terdiri dari 6 siswa untuk mengetahui keterbacaan media serta kelas besar sebanyak 30 siswa untuk menguji kelatakan media yang memperoleh hasil 86%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Model pembelajaran; Fotonovela ; Problem Based Learning (PBL); Sistem pernapasan manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:22
Last Modified: 27 Jul 2019 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9884

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics