Efektivitas model pembelajaran scramble terhadap komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Istifaiyah Nahdliyah (MTs-IN) Banyurip Ageng Kota Pekalongan tahun pelajaran 2017/2018

Rusydah, Atina (2019) Efektivitas model pembelajaran scramble terhadap komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Istifaiyah Nahdliyah (MTs-IN) Banyurip Ageng Kota Pekalongan tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis peserta didik kelas VII di MTs Istifaiyah Nahdliyah (MTs-IN) Banyurip Ageng masih rendah. Rendahnya komunikasi matematis tersebut disebabkan guru masih menggunakan model konvensional, dimana guru masih cenderung aktif dan dominan dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, informasi berjalan hanya satu arah dari guru ke peserta didik, sehingga peserta didik menjadi pasif dan hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, akibatnya komunikasi peserta didik kurang berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Scramble efektif terhadap komunikasi matematis peserta didik pada materi Himpunan kelas VII MTs Istifaiyah Nahdliyah (MTs-IN) Banyurip Ageng Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII di MTs Istifaiyah Nahdliyah (MTs-IN) Banyurip Ageng yang terbagi menjadi empat kelas. Teknik pengambilan sampelnya yaitu Cluster Random Sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji t-test dengan uji hipotesis satu pihak kanan.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan rata-rata nilai hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen adalah 81,67, sedangkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas kontrol adalah 77,84. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t test dihasilkan t_hitung=2,016 dan t_tabel=1,994. Karena t_hitung>t_tabel dengan taraf signifikansi 5% maka H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan. Dari uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Scramble; Komunikasi matematis; Himpunan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:25
Last Modified: 27 Jul 2019 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9886

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics