Efektivitas model pembelajaran novick terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas X pada materi trigonometri (aturan sinus dan cosinus) di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu

Setya Hadi, Asri Kusuma (2019) Efektivitas model pembelajaran novick terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas X pada materi trigonometri (aturan sinus dan cosinus) di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu kelas X didapatkan fakta bahwa nilai rata-rata motivasi dan kemampuan pemahaman matematis siswa pada matapelajaran matematika masih rendah. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Novick terhadap motivasi dan pemahaman matematis peserta didik kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design untuk variabel pemahaman matematis dan posttest only control group untuk desain penelitian variabel motivasi belajar. Jumlah kelas X pada MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu terdapat empat kelas yaitu kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X IPS 1, dan X IPS 2. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, dan angket. Hasil analisis data diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen =70,06 dan kelas kontrol =59,53. Hasil uji hipotesis terhadap motivasi belajar siswa dengan taraf signifikan 5% diperoleh t_hitung=3,51 dan t_tabel=1,67 Karena t_hitung>t_tabel maka rata-rata motivasi siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. rata-rata pemahaman matematis siswa kelas eksperimen =84,28 dan kelas kontrol =72,59 . Hasil uji hipotesis terhadap pemahaman matematis siswa dengan taraf signifikan 5% diperoleh t_hitung=5,44 dan t_tabel=1,67 Karena t_hitung>t_tabel maka rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan penelitian tersebut, penggunaan model pembelajaran Novick efektif terhadap motivasi dan pemahaman matematis siswa kelas X NU 03 Sunan Katong Kaliwungu pada materi trigonometri (Aturan Sinus dan Cosinus).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Novick; Motivasi belajar; Pemahaman matematis ; Trigonometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:32
Last Modified: 27 Jul 2019 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9891

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics