Pengaruh penggunaan metode demonstrasi berbantu alat peraga papan puzzle sudut terhadap pemahaman konsep materi garis dan sudut kelas VII MTs Matholi’ul Huda Troso Jepara tahun pelajaran 2017/2018

Wahyuningsih, Yuni (2019) Pengaruh penggunaan metode demonstrasi berbantu alat peraga papan puzzle sudut terhadap pemahaman konsep materi garis dan sudut kelas VII MTs Matholi’ul Huda Troso Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsifull cd.pdf]
Preview
Text
skripsifull cd.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep siswa dalam materi hubungan garis dan sudut. Rendahnya pemahaman konsep siswa tersebut ditandai dengan siswa yang masih sering salah untuk menentukan besar sudut pada materi hubungan sudut yang saling berpenyiku, berpelurus, dan bertolak belakang. Siswa juga sulit membedakan sifat sudut yang ada pada garis sejajar yang dipotong oleh garis lain, sehingga untuk menentukan besar sudutnya siswa masih sering salah dan sering terbalik untuk menentukan hubungan sudut-sudutnya. Selain itu, fasilitas pendukung dan media pembelajaran yang ada di MTs. Matholi’ul Huda Troso Jepara masih sangat minim.
Salah satu upaya agar tingkat pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik adalah dengan menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga papan puzzle sudut yang diharapkan dapat berpengaruh baik terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hubungan garis dan sudut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode demonstrasi berbantu alat peraga papan puzzle sudut terhadap pemahaman konsep materi garis dan sudut kelas VII MTs. Matholi’ul Huda Troso Jepara tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan bentuk true experimental design jenis posttest-only control design. Populasi terdiri dari lima kelas, kelas VII A sampai kelas VII E. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga papan puzzle sudut dalam materi hubungan garis dan sudut dan kelas VII C sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional yang tidak menggunakan media pembelajaran. Uji coba instrumen tes dilakukan di kelas VIII A. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data akhir menggunakan Independent Sample t-test.
Analisis uji t menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan metode demonstrasi berbantu alat peraga papan puzzle sudut sebesar 85,14 dari nilai maksimal 100. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional sebesar 69,91 dengan nilai maksimal 100. Berdasarkan uji t diperoleh t_hitung=8,016 dan t_tabel=1,667. Karena t_hitung>t_tabel, jadi keputusannya adalah H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dari perhitungan menggunakan effect size pengaruhnya tergolong tinggi dengan nilai d=1,930, yang berarti rata-rata kelas eksperimen berada pada persentil ke-97,1 dari kelas kontrol. Selain itu, d=1,930 menunjukkan bahwa distribusi skor kelas eksperimen yang nonoverlap dengan distribusi skor kelas kontrol sebesar 79,4%. Artinya, ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi berbantu alat peraga papan puzzle sudut, dan besar pengaruhnya tergolong tinggi terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hubungan garis dan sudut MTs. Matholi’ul Huda Troso Jepara tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Demonstrasi; Media pembelajaran; Alat peraga; Papan puzzle Pemahaman konsep; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:33
Last Modified: 27 Jul 2019 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9892

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics