Efektivitas model pembelajaran tandur berbasis integrasi sains dan Islam terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa kelas VIII pada materi gerak dan gaya di MTs Sabilul Ulum Mayong

Nisa, Narita Ainun (2019) Efektivitas model pembelajaran tandur berbasis integrasi sains dan Islam terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa kelas VIII pada materi gerak dan gaya di MTs Sabilul Ulum Mayong. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi lengkap.pdf]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran TANDUR berbasis integrasi sains dan islam untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa kelas VIII pada materi gerak dan gaya di MTs Sabilul Ulum Mayong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dan jenis yang digunakan adalah Post-test Only Control Group. Sebelum diuji, kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran TANDUR berbasis integrasi Sains dan Islam dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes (multiple choice test). Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t. Berdasarkan perhitungan uji t ranah kognitif dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung=2,219 sedangkan t_tabel=1,9935. Karena t_hitung > t_tabel berarti rata-rata hasil belajar fisika siswa diajar menggunakan model pembelajaran TANDUR berbasis integrasi Sains dan Islam efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa materi pada Gerak dan Gaya Kelas VIII MTs Sabilul Ulum Mayong. Berdasarkan perhitungan uji t ranah psikomotorik dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung=6,513 sedangkan t_tabel=1,9935. Karena t_hitung > t_tabel, maka model pembelajaran TANDUR berbasis integrasi Sains dan Islam efektif meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada materi Gerak dan Gaya Kelas VIII MTs Sabilul Ulum Mayong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Integrasi sains dan Islam; Gerak dan gaya; Pembelajaran fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 04:01
Last Modified: 23 Dec 2021 03:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9903

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics