Pengembangan modul kimia berbasis unity of sciences pada materi reaksi reduksi dan oksidasi di MA Salafiyah Simbangkulon
Chamiah, Himmatul (2019) Pengembangan modul kimia berbasis unity of sciences pada materi reaksi reduksi dan oksidasi di MA Salafiyah Simbangkulon. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
10-Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembagan yang dikembangkan menurut model 4-D Thiagarajan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia berbasis unity of sciences pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 3 MA Salafiyah Simbangkulon. Hasil dari penelitian yaitu tersusunnya modul kimia berbasis unity of sciences yang memuat materi reaksi reduksi dan oksidasi dengan komposisi meliputi: cover, halaman francis, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, pendahuluan, petunjuk penggunaan modul, peta kontens, peta konsep, uraian materi, wawasan unity of sciences, berpikir kritis, contoh soal, latihan soal, rangkuman, uji kompetensi, kunci jawaban, glosarium, daftar pustaka dan profil penulis. Modul yang dikembangkan dilengkapi dengan fitur gambar dan uraian materi pengetahuan yang mengandung nilai humanisasi dan spiritual terkait kehidupan sehari-hari lingkungan, teknologi , ilmu biologi, dan ilmu fisika. Penilaian kualitas modul yang dikembangkan diperoleh dari validasi ahli, angket tanggapan peserta didik terhadap modul dan uji keterbacaan. Selain itu, untuk menguji pengaruh penggunaan modul pada proses pembelajaran dilakukan pre-test dan post-test. Hasil validasi oleh keseluruhan ahli diperoleh persentase rata-rata sebesar 89,62% dengan kategori sangat layak, sedangkan penilaian modul oleh peserta didik diperoleh persentase rata-rata sebesar 83,77% dengan kategori layak. Hasil uji keterbacaan terhadap modul diperoleh skor sebanyak 94,89% yang menunjukkan tingkat keterbacaan modul pada kategori sangat tinggi. Penilaian aspek kognitif peserta didik diukur menggunakan uji N-gain dan diperoleh skor gain 0,82 dengan kategori tinggi. Penilaian aspek afektif dan psikomotorik diperoleh persentase rata-rata sebesar Perolehan kedua aspek tersebut berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan dari hasil penilaian, modul kimia berbasis unity of sciences ini memiliki kategori sangat layak untuk diuji cobakan ke kelas besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran; Unity of sciences; Reaksi; Reduksi; Oksidasi; Pembelajaran kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ricky Dwi Kurnianto |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 08:17 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 08:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9907 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year