Pengembangan buku kerja peserta didik berbasis POGIL (process oriented guided inquiry learning) pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA N 16 Semarang

Sumiati, Sumiati (2019) Pengembangan buku kerja peserta didik berbasis POGIL (process oriented guided inquiry learning) pada materi hidrolisis garam kelas XI SMA N 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini didasarkan pada bahan ajar yang digunakan belum menuntun peserta didik untuk membangun konsep, sehingga pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis mereka kurang berkembang. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan buku kerja peserta didik berbasis POGIL materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Akan tetapi penelitian ini terbatas pada tahap ketiga yaitu development. Subjek penelitian ini adalah 9 peserta didik dari SMA N 16 Semarang. Karakteristik dari buku kerja yang dikembangkan terlihat pada pertanyaan-pertanyaan runtut mulai dari eksplorasi, penemuan konsep, dan aplikasi. Pertanyaan dikaitkan dengan kehidupan nyata peserta didik dengan dilengkapi tiga level representasi. Penilaian kualitas buku kerja menggunakan validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 90,76% sedangkan penilaian validator ahli media mendapatkan kategori Baik (B) dengan persentase 81,25%. Respon peserta didik terhadap buku kerja menunjukkan kategori Baik (B) dengan persentase 80,00%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa buku kerja peserta didik berbasis POGIL layak digunakan dan diuji lebih lanjut pada kelas besar untuk mengetahui keefektifannya, baik terhadap hasil belajar maupun penguasaan konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku kerja; POGIL; Hidrolisis garam; Pembelajaran kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 01 Aug 2019 08:29
Last Modified: 01 Aug 2019 08:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9916

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics